"Di Rumah Aja" Pemda Subang Kucurkan Dana 60 Miliar untuk Tiga Bulan

SUBANG - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Subang akan mengucurkan dana sebesar 60 miliar rupiah untuk membantu keluarga yang terdampak Covid-19 selama 3 bulan. Menurut Bupati Subang, H. Ruhimat 60 miliar rupiah tersebut diberikan untuk warga masyarakat yang belum tercover oleh bantuan Provinsi Jawa Barat yang akan membantu 1 juta jiwa keluarga yang berada di Jawa Barat.

Adapun jumlah yang belum tercover di Kabupaten Subang ialah sebanyak 39 ribu jiwa yang kemudian setelah diperhitungkan untuk memenuhi selama 3 bulan yang diperlukan adalah sebanyak 60 miliar rupiah," ujar Bupati Subang yang biasa disapa Kang Jimat ini kepada para wartawan usai rapat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Rumah Dinas Bupati Subang,  Senin (30/3/2020).

Dalam rapat tersebut Kang Jimat menguraikan besaran anggaran untuk penanggulangan masa tanggap Covid-19, yaitu: Anggaran untuk Dinas Kesehatan sebesar 6,9 miliar rupiah, RSUD Subang sebesar 29,6 miliar rupiah, insentif untuk para pelaksana tenaga kesehatan sebesar 8 miliar rupiah, insentif untuk BPBD, Dinas Sosial dan Tagana sebesar 1,3 miliar rupiah, untuk Satpol PP sebesar 250 juta rupiah dan kucuran bantuan dari Dana Desa sebesar 24,3 milyar rupiah.

Termasuk diantaranya ialah alokasi dari anggaran DPRD Kabupaten Subang yang mengalokasikan anggaran kegiatan DPRD untuk penanganan Covid-19. Lalu kata Kang Jimat akan mencoret anggaran seremonial, anggaran seragam dan kaos pada anggaran tahun 2020.

Mengenai alokasi dari Dana Desa menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat D├ęsa (Dispemdes), Nana Mulyana jumlah tersebut dengan asumsi rata-rata tiap desa mengalokasikan 100 juta rupiah. "Namun nanti disesuaikan dengan kemampuan desa. Kemampuan itu sesuai diantaranya berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah (desa)," katanya.
Nanti tiap desa bisa dibawah 100 juta rupiah atau mungkin diatas 100 juta rupiah. "Makanya itu asumsi rata-rata," katanya lagi.

Pada pembahasan rapat tersebut Kang Jimat didampingi oleh Wakil Bupati Subang, Agus Masykur dengan dihadiri kepala Dinas Kesehatan, Plt. Direktur RSUD Subang.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar