Peringati Bulan K3, DAHANA Bertekad Zero Incident

Puncak peringatan Bulan K3 Nasional ini diisi dengan berbagai acara, Safety Culture Exhibition, Health Sharing Session, Fun Games, Lomba Photo & Video K3, Dahana Zero Incident Award dan APD photobooth.

SUBANG - Sejak 1984, Pemerintah pusat maupun daerah berkomitmen untuk berperan sebagai regulator melakukan pembinaan yang intensif tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara berkesinambungan melalui pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Bulan K3). Pelaksanaan melibatkan seluruh instansi terkait maupun masyarakat. Pelaksanaan Bulan K3 tersebut didasarkan pada pasal 86 ayat (1) dan ayat (2) Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Bulan K3 secara nasional dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari.
PT DAHANA (Persero), BUMN yang bergerak dibidang bahan peledak komersial dan militer secara rutin memeriahkan bulan K3 dengan berbagai kegiatan.  Tahun ini, puncak Bulan K3 yang mengusung tema "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi" dilaksanakan secara meriah pada Rabu, 26 Februari 2020 di Bale Dahana Subang.  Selain dihadiri oleh internal perusahaan, hadir juga undangan dari Disnakertrans, Dinas Kesehatan dan Dinas Damkar Kabupaten Subang.
Dalam pembukaan Puncak Bulan K3 Nasional Tahun 2020, Direktur Keuangan & SDM PT DAHANA (Persero) Asmorohadi membuka acara secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong.  Dalam sambutannya, Asmorohadi memaparkan pencapaian Safety Dahana 2019 yang mengalami trend positif.

"Jika mengacu pada data HSE Performance PT DAHANA tahun 2019, hingga bulan Desember statistik menunjukkan, jumlah kerja selama lebih dari dua juta jam (2.015.840 jam) dengan 4 hari Lost Day dan 2 LTI.  Data ini jika dibandingkaan dengan data HSE Performance tahun 2018, maka tahun 2019 mengalami penurunan yang cukup signifikan," tuturnya yang disambut tepuk tangan meriah peserta.
Asmorohadi juga menerangkan, pencapaian ini tidak datang dengan sendirinya.  Ada usaha tak kenal Lelah dan kerja keras dari team yang bertugas.  "Kami dari Manajemen PT DAHANA (Persero) sangat mengapresiasi, seraya berharap pencapaian-pencapaian ini ditingkatkan menjadi lebih baik lagi," harapnya.

Sambutan positif juga datang dari perwakilan pemerintah daerah, hal ini seperti disampaikan oleh perwakilan Disnakertrans Kabupaten Subang Muksin Nuryadin, Kabid BinaPerlin Disnakertrans Subang.

"Kegiatan ini sangat positif dan membantu pemerintah supaya iklim kerja tetap kondusif dengan berpatokan pada penerapan K3," ungkapnya saat memberikan sambutan.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 yang juga menjabat Senior Manager K3LH & Teknologi Erwin Cipta Mulyana, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era ekonomi digitalisasi.

"Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ungkapnya.
Puncak peringatan Bulan K3 Nasional ini diisi dengan berbagai acara, seperti Safety Culture Exhibition, Health Sharing Session, Fun Games, Lomba Photo & Video K3, Dahana Zero Accident Award dan APD photobooth. Peserta tidak hanya dari Kantor Pusat Subang, namun juga mendatangkan perwakilan dari Kantor Jakarta dan Site Project.

Peserta juga dapat pencerahan kesehatan dari dokter perusahaan tentang 5 penyakit yang paling sering ditemukan dalam Medical Check Up karyawan Dahana. Setelahnya dilanjutkan dengan paparan dari psikolog mengenai kesehatan mental dari pekerja terhadap lingkungan kerja yang sehat.  Selain itu masih ada penyuluhan kesehatan pekerja dan virus corona dari Dinkes Subang yang dilanjutkan sosialisasi peringatan bulan K3 dari Disnakertrans. (Ist)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar