Peresmian GOR dan BumdesMart

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau yang akrab disapa Kang Akur membuka sekaligus meresmikan GOR Serbaguna dan BumdeSmart Pringkasap Sejahtera di Kantor Desa Pringkasap Kecamatan Pabuaran, Selasa (25/2/20).

Kepala Desa Pringkasap Siti Hotimah dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan dibangunnya GOR desa Pringkasap ini bisa memberikan dampak positif bagi desa dan masyarakatnya karena dengan adanya GOR serbaguna ini berbagai macam kegiatan bisa dilaksanakan dan akan menunjang kegiatan pemerintahan desa juga. Salah satu kegiatan yang bisa dilaksanakan di GOR serbaguna itu diantaranya untuk menunjang kegiatan olahraga.

Pembangunan GOR serbaguna tersebut menggunakan Anggaran Dana Desa tahap 1 dan tahap 2 yang sekitar 500 juta lebih biaya yang dikeluarkan untuk membangun GOR tersebut.

Tujuan mendirikan BumdesMart Desa Pringkasap untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi desa. Selain itu meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa pendirian dan Bumdes tersebut untuk mewujudkan pengelolaan ekonomi produksi desa yang ada di Desa Pringkasap, salah satunya produk unggulan Desa Pringkasap yaitu produk kacang opeh yang dikembangkan oleh H. Amin warga Pringkasap. Mudah-mudahan dengan adanya Bumdesmart tersebut mampu mendongkrak dan mengembangkan potensi produk unggulan Desa Pringkasap.

Kang Akur dalam sambutannya berharap bahwa kedepannya gedung gor desa ini mampu menjadi tempat yang representative untuk kegiatan- kegiatan olahraga maupun kegiatan positif lainnya. "Peresmian GOR ini kita jadikan momentum peresmian GOR Desa Pringkasap sebagai upaya bersama didalam meningkatkan motivasi terhadap pelayanan kepada masyarakat di bidang olahraga khususnya masyarakat yang berada di Desa Pringkasap dalam rangka mewujudkan Subang jaya, istimewa dan sejahtera," ujarnya.

Program prioritas dana  keempat dari dana desa adalah pembangunan sarana olahraga desa boleh digunakan untuk membangun fasilitas olahraga seperti GOR tersebut. Sarana olahraga sangat penting mengingat masyarakat yang terkadang hanya fokus pada pekerjaannya dan cenderung melupakan urusan kesehatannya.

Pembangunan GOR yang sudah selesai tersebut perlu dijaga pemeliharaan karena aset desa tersebut bermanfaat selain tempat olahraga akan tetapi sebagai tempat pertemuan lainnya sebagai ajang silaturahmi.

BumdesMart Pringkasap Sejahtera semoga menjadi motivasi semangat bagi UMKM desa dalam memasarkan produk unggulan yang dulunya dikelola oleh perorangan sekarang bisa dibantu dan dikelola oleh Bumdes, salah satunya dengan membantu kemasaan dan label produk yang bagus dan menarik sehingha meningkatkan nilai jual suatu produk.

Potensi Subang luar biasa dan akan maju dengan produk unggulannya bila dibantu dan bekerjasama dengan Bumdes. Subang memiliki banyak variasi produk unggulan disetiap daerahnya salah satunya kacang openg dari Pringkasap semoga kedepnnya produk tersebut akan laku dipasaran.

Mengenai banyaknya produk unggulan, Kang Akur mengajak kepada para pelaku usaha UMKM untuk nanti pada ulang tahun Subang yang banyak event yang akan menghadirkan tamu dari luar daerah bahkan luar negeri untuk pelaku usaha untuk menjual atau menjajakan produknya pada saat itu sehingga masyarakat luar tahu produk-produk unggulan yang ada di Subang.

Pada kegiatan tersebut, sebagai tanda diresmikannya GOR dan BumdesMart dilaksnakan penandatanganan prasasti  dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Subang Kang Akur didampingi Camat Pabuaran, Kades Pringkasap.

Anggota DPRD Bambang Irmayana, Camat Pabuaran, Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMP, Kepala Desa Pringkasap, para Kades, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat H. Ono.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar