Peresmian Cold Storage BBI Tanjungwangi

SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat Meresmikan Cold Storage (ruangan pendingin Penyimpanan Ikan), Bertempat di BBI (Balai Benih Ikan) Tanjung wangi, Kamis (06/02/2020).
Sambutan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Subang, H. Rahmat Efendi S. Sos., M.Si menyampaikan cold storage merupakan bantuan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia kepada Kabupaten Subang. Pembangunan cold storage dilakukan pada tahun 2018 kemudian diserahkan ke Dinas Perikanan Kabupaten Subang pada tahun 2019. "Cold storage adalah sarana ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk perikanan dengan tujuan untuk mempertahankan kesegaran ikan sehingga kualitas produk tetap terjaga," .
Tujuan pembangunan cold storage untuk membantu para pengolah ikan dengan menyediakan ikan yang lebih berkualitas dan harga lebih kompetitif dengan  jumlah kelompok pengolah pemindang dan ikan asin di Kabupaten Subang pada tahun 2019 sebanyak 116 kelompok yang terdiri mengolah ikan asin 39 kelompok dan pemindahan 77 kelompok.
Pemberian bantuan paket budidaya ikan, alat tangkap ikan ramah lingkungan dan restocking di perairan umum serta penerima program bantuan premi asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan kecil (Appik) Tahun Anggaran 2020.
Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang pada tahun anggaran 2018 melalui Direktorat Jenderal penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan telah membangun  single cold storage  kapasitas 50 ton di Kabupaten Subang. Dengan bantuan single cold storage ini juga membuktikan bahwa Kabupaten Subang merupakan daerah yang potensial di bidang Kelautan dan Perikanan. Diinformasikan Desa Tanjungwangi Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang merupakan lokasi yang cukup strategis yang berada di wilayah tengah Kabupaten Subang,  yang sebagian besar dari masyarakat yang memiliki tambak ikan. "Sehingga jumlah pengolah dan pemasaran hasil perikanan di wilayah ini cukup banyak, produksi ikan yang melimpah dan pemasaran produksi ikan diwilayah ini kebanyakan masih dalam bentuk segar," ujarnya.
Kemudian Bupati Subang berpesan kepada seluruh pengolahan hasil perikanan yang ada di Kabupaten Subang untuk kedepannya bagi yang membutuhkan bahan baku untuk pengolahan ikan tidak perlu pergi ke tempat yang jauh di luar wilayah kabupaten Subang cukup datang ke storage di Desa Tanjungwangi. "Saya menghimbau bangunan cold storage akan digunakan untuk tempat penyimpanan atau penampungan sementara ikan-ikan beku yang datang dari pada supplier. Saya berpesan mari kita gunakan dan kita manfaatkan kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat dan Kepada Dinas Perikanan Kabupaten Subang yang selanjutnya akan bertanggung jawab atas pemanfaatan, pemeliharaan dan pengalaman serta pencatatan dan pelaporan cold storage," tuturnya.
Dilanjutkan dengan peresmian cold storage Desa Tanjungsari Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang ditandai dengan pengguntingan pita Oleh Direktur logistik Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk kelautan dan perikanan, Bupati dan Wakil Bupati Subang.
Acara dihadiri direktur logistik Direktorat Jenderal penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan Innes Rahmania, A.pi, S.Sos, MM, Wakil Bupati Subang Agus Masykur rosyadi beserta istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Camat Cijambe/yang mewakili, Kapolsek, Danramil Kecamatan Cijambe, Kepala Desa Tanjungwangi, Para ketua dari pengurus KUD Mina laut dan tambak,  para pengolah ikan di Kabupaten Subang, serta kelompok pembudidaya ikan.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar