Penandatanganan Perjanjian Kinerja ASN Kabupaten Subang

SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Aminudin menghadiri sekaligus melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kinerja, Pakta Integritas  dan Sosialisasi zona  Integritas Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, bertempat di Gor Gotong Royong, Senin (03/02/2020).
Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala BPKP provinsi Jawa Barat Mulyana AK, Para Asda I, II dan III dan Staf Ahli, Kepala Kantor Pos Subang, para kepala Dinas, OPD se-kab.Subang, Para Pejabat Eselon 3 dan 4, Para Camat Se- Kab.Subang.
Laporan penyelenggara kegiatan disampaikan  Sekretaris Daerah Kabupaten  Subang H. Aminudin bahwa  kurang lebih 1. 200 orang pejabat struktural mulai dari pejabat eselon II, III dan IV melaksanakan perjanjian kinerja tahun 2020, yang dilaksanakan di gor gotong royong secara simbolis dilakukan oleh kepala perangkat daerah dengan Bupati Subang.
Sekretaris Daerah Kabupaten Subang mengingatkan kepada pejabat struktural perjanjian kinerja yang yang akan ditandatangani jangan dipandang semata sebagai dokumen formalitas semata, akan tetapi harus dipahami lebih mendalam bahwa setelah menandatangani dokumen perjanjian kinerja tersebut berarti secara langsung telah menyanggupi untuk mencapai target-target kinerja yang tertuang dalam perjanjian kinerja.
Dilanjutkan dengan penyerahan piagam dan laporan maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) level 3, Kabupaten Subang dari kepala perwakilan BPKP Propinsi Jawa Barat kepada Bupati Subang. Dlam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatangan kesepakatan bersama antara BKPSDM Kab. Subang dengan PT. Pos Indonesia (Persero) tentang jasa pengiriman surat dan paket. Adapun produk layanan yang akan dikerjasamakan adalah layanan terhadap SK kenaikan pangkat, SK pensiun, ijin belajar dan surat keterangan lulus kuliah.
Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan ucapan Terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pejabat eselon II, III dan IV atas kekompakan seluruh pejabat ASN Kabupaten Subang, ASN harus terus meningkatkan  solidaritas, gotong royong dan memiliki budaya serta perilaku positif berbasis staf.
Reformasi birokrasi dan hukum menjadi komitmen kepemimpinan Jimat-Akur dalam hal penguatan sistem manajemen SDM ASN yaitu salah satunya dengan membuat surat edaran tentang larangan praktek gratifikasi dan pungutan liar dalam pelayanan kepegawaian dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Semua layanan kepegawaian "nol rupiah". Mutasi, promosi jabatan dan layanan kepegawaian lainnya tidak dipungut biaya apapun.
Perjanjian kinerja tahun 2020 merupakan perjanjian kinerja ditahun kedua kepemimpinan Jimat-Akur. Untuk itu saya instruksikan kepada Wakil Bupati Subang untuk memantau langsung setiap capaian kinerja dari perjanjian kinerja yang hari ini ditandatangani. "Saya minta laporannya per triwulan sehingga ketercapaian setiap kinerja pejabat dan perangkat daerah Kabupaten Subang menjadi dasar evaluasi kinerja. Saya juga instruksikan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Subang untuk menyusun bentuk kongkret dari reward dan punishment terhadap pejabat atau perangkat daerah yang tidak tercapai target dan yang tercapai targetnya. Saya berharap ditahun kedua ini benar-benar terjadi peningkatan kinerja birokrasi utamanya dalam mewujudkan semua cita-cita yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Subang tahun 2018-2023.
Sambutan kepala BPKP Propinsi Jawa barat Mulyana AK menyampaikan BPKP Provinsi Jawa Barat bahwa secara terus menerus meningkatkan pembinaan dalam rangka meningkatkan kualitas, akuntabilitas dan tata kelola keuangan seluruh provinsi Jawa Barat termasuk juga untuk Kabupaten Subang khususnya sampai dengan saat ini dari 28 pemerintah daerah diwilayah jawa Barat 15 yang telah mencapai kapabilitas.
Ada beberapa area yang mungkin perlu menjadi perhatian kita diantaranya sbb : perencanaan dan penganggaran, pengadaan  barang dan jasa, pelayanan publik dan perizinan, penatausahaan dan penggunaan aset, rekrutmen penempatan mutasi promosi jabatan dan pekerjaan, pemberian hibah dan bansos.
Dalam rangka menyongsong tahun 2020-2024 untuk mencapai kinerja yang lebih nyata untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pembuatan sistem  pengendalian internal juga harus diikuti dengan penguatan manajemen resiko yang efektif.
Diakhir sambutannya Kepala BPKP mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang yang telah memfasiitasi BPKP  dalam memberikan pembinaan khususnya peningkatan sistem pengendalian internal  pemerintah dan juga penerapan manajemen resiko yang kelar ditahun 2020-2024 lebih ditekankan lagi.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar