Pandangan Pemda Kabupaten Subang terhadap 2 Raperda Kepariwisataan

SUBANG - Bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Subang, Rabu (17/02/2020) DPRD Kabupaten Subang menyelenggarakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang tentang Penyampaian Nota Pengantar Eksekutif terhadap 2 buah Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kabupaten  Subang tahun 2017-2025 dan Raperda tentang  Penyelenggaraan Kepariwisataan Kabupaten  Subang.
Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kab. Subang Narca Sukanda, S.Sos, didampingi  Wakil Ketua I Hj. Elita Budiarti, SKM, M.Si.,  Ketua II Lina Marlina, SKM, Wakil Ketua III H. Ateng Kudus, SP turut dihadiri oleh Bupati Subang H. Ruhimat, Unsur Forkopimda Kabupaten Subang, para perangkat daerah serta tamu undangan.
Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan bahwa dalam era reformasi keterbukaan globalisasi dewasa ini perlu menyimak ulang setiap peraturan yang masih berlaku dalam rangka menguji keefektifan dan akuntabilitasnya pada industri pariwisata. Peraturan perundang-undangan diatur dalam bentuk undang-undang peraturan pemerintah peraturan presiden peraturan menteri dan peraturan daerah peraturan yang baik mencakup tiga unsur yaitu dalam dimensi pengaturan, pembinaan dan pengawasan.
Dari ketiga unsur atau dimensi diatas hendaknya memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah masyarakat dan industri pariwisata untuk memastikan adanya peraturan yang memberikan iklim kondusif bagi masyarakat dan industri pariwisata.
Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Subang memandang perlu adanya regulasi yang mengatur penyelenggaraan kepariwisataan di Kabupaten Subang dan rencana induk pembangunan pariwisata Kabupaten Subang.
Adapun mengenai latar belakang pentingnya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang untuk menyusun Peraturan daerah tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Subang dan Peraturan daerah tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan di Kabupaten Subang adalah sehubungan dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Pada hakikatnya bertumpu pada keunikan kekhasan, kelokalan serta keaslian sehingga menempatkan keanekaragaman sebagai suatu hal yang prinsip dan hakiki maka pengembangan kepariwisataan pada dasarnya untuk kelestarian dan memperkukuh jati diri bangsa serta lingkungan alam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Subang harus tetap dijaga dan dipelihara supaya pelindung kepemilikan aset masyarakat setempat serta terpeliharanya lingkungan hidup.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar