Pastikan "Sunda Empire", Kesbangpol Subang Turun ke Lokasi

SUBANG - Untuk meneliti keberadaan "Sunda Empire" yang berada di Subang Jawa Barat, kini pihak Kentor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Subang sedang melakukan peninjauan lokasi di Daerah Desa Bantarsari Cijambe. Dikatakan Kepala Kantor Kesbang Pol Kabupaten Subang, Udin Jazudin, upaya ini untuk memastikan keberadaan "Sunda Empire" yang dikabarkan keberadaannya di Subang.
"Kita akan telusuri turun ke lokasi yang di Desa Bantarsari itu kata mereka itu 'Sunda Empire'. Kita cek (ke sana) hari ini. Apakah benar?" Ujarnya kepada Elshihta, Senin (20/1/2020).
Selanjutnya kata Udin untuk sementara data yang dimaksudkan Kerajaan Sunda Empire di Subang ternyata terdaftar bernama Subang Development Comite atau Bang Dec yang telah terdaftar sejak tahun 2015. Namun sudah lama tidak beroperasi. Oleh karena itu pihaknya melakukan penelitian di lapangan untuk memastikan keberadaannya.
"Berdasarkan informasi administratif ternyata yang dikatakan 'Sunda Empire' itu terdata 'Bang Dec' dalam data kami," jelasnya.
Kemudian ketika ditanyakan keberadaan dugaan lembaga kerajaan atau semacamnya  Udin menyebutkan ada bernama "Galuh Pakuan" yang sudah terdaftar sebagai Lembaga Adat.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers