Pamindahan TPA Sampah ke Jalupang, Langkah Berani

SUBANG – Pemindahan lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Panembong Subang dinilai menjadi salah satu solusi sampah di Subang. Sebab menurut Ketua Lembaga Advokasi Masyarakat Subang (LAM-S), Drs. Yaya Sudarya. kondisi TPA Panembong sudah kelebihan beban (overload). "Perlu segera dilakukan pemindahan TPA dari Panembong Parung ke Jalupang. Apa yang dilakukan (Pemda) saya rasa cukup taggap melihat kondisi tersebut sehingga selain perbaikan di lokasi TPA Panembong juga ditetapkan dengan segera lokasi baru TPA," ujarnya kepada Reporter Jabar melalui pesan singkat, Selasa (28/1/2020).
Kata dia akibat overload telah menyebabkan longsoran ke sungai Cileuleuy yang bencana bagi pemilik sawah di Kelurahan Wanareja. Kondisi ini kata Yaya dampak dari salah pengelolaan TPA Panembong. "Kami mengapresiasi positif upaya memindahkan TPA di wilayah Kabupaten Subang ke lahan baru yang berada di wilayah Desa Jalupang Kalijati. Bagi kami langkah itu adalah langkah berani dan memang sudah waktunya dipindahkan," katanya lagi.
Kata Yaya dalam langkah pemindahan terlebih dahulu harus dilakukan kajian lingkungan dan penentuan teknologi yang akan dipergunakan oleh Pemda dalam hal ini Dinas Lingkunga Hidup (DLH) di lokasi baru. Kajian dengan prespektif pengelolaan. "Sehingga lokasi tersebut bukan tempat pembuangan akan tetapi tempat pemrosesan sampah se-Kabupaten Subang," tandasnya.
Lalu kata dia harus ada gerakan pemilahan sampah dari rumah yang sudah terpilah antara sampah organik, sampah an-organik dan sampah B3 (bila ada). "Termasuk sampah-sampah dari industri seperti pabrik-pabrik atau hotel-hotel yang ada di Kabupaten Subang harus juga memberikan kontribusi lebih setiap perusahaan sehingga beban pengelolaan sampah tidak hanya menjadi beban Pemkab dan masyarakat," pungkasnya. (Ist)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar