Pajak Daerah Subang, Inilah Tantangannya

SUBANG – Penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Subang masih diakui masih ada tantangan yang dihadapi. Dikatakan Kepalal Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang, Dadang Kurnianudin Diantara tantangan yang dihadapi ialah maslaah updating data pajak, kemudian kepatuhan wajib pajak yang masih harus ditingkatkan. "Kalau kesadaran masyarakat (membayar pajak) saya rasa tinggi tapi kepatuhannya masih ada tantangan," ujarnya disela-sela Gebyar Pajak Daerah Kabupaten Subang Tahun 2020 di halaman Kantor Bapenda Kabupaten Subang, Kamis (30/1/2020).
Kemudian dia mengatakan dari pelayanan masih ada mindset yang perlu diperbaiki. Pihaknya berupaya mencari penyebabnya dari sisi regulasi. "Apakah ada regulasi yang kurang pas atau malah ada (regulasi) yang menghambat? Sehingga adanya kesan untuk membayar pajak saja sulit. Ini perlu diperbaiki. Dan kita akan segera lakukan perbaikan itu sesuai perintah Bupati dalam amanatnya tadi," imbuhnya.
Kata Dadang Bupati Subang, H. Ruhimat memerintahkan supaya segera memotret dan melakukan mapping yang menjadi tantangan dan segera mencari solusinya. "Kita rasakan itu sebagai bentuk rasa sayang beliau (Bupati Subang) kepada kami supaya lebih keras lagi bekerja," katanya.
Lalu Dadang menyebutkan tantangan lainnya yang dihadapi ialah sumber daya manusia yang dimiliki Bapenda dalam melaksanakan kebijakan pelayanan. "Untuk mengejar itu perlu adanya penilai, pemeriksa pajak, penilai pajak, PPNS Pajak dan juru sita. Bagaimana kita mau melakukan kalau orang (tenaga ahlinya) nggak ada? Kalau kita melakukan (kebijakan) tanpa orang yang berwenang, 'kan salah?" bebernya.
Kegiatan Gebyar Pajak Daerah ini merupakan momen syukuran 1 tahun kiprah Bapenda Kabupaten Subang. Adapun tema yang diusung ialah "Dengan Gebyar Pajak Daerah Kabupaten Subang tahun 2020 Kita Akselerasikan Penerimaan Pendapatan Daerah Menuju Subang Jawara".
Pada kesempatan tersebut diserahkan award atau penghargaan kepada Wajib Pajak dari berbagai sektor yang dinilai tepat waktu dan tepat jumlah, Desa yang mencapai target 100% dan pihak pendukung lainnya seperti notaris. Hadiah diserahkan langsung oleh Bupati Subang, H. Ruhimat dengan didampingi Wakil Bupati Subang, Agus Masykur, Komandan Kodim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono dan tamu undangan.
Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Perjanjian antara Pemda Kabupaten Subang dengan Bank BJB Subang dalam pelayanan Pembayaran Pajak Daerah dan dimulainya percetakan SPPT dengan ditandai pelepasan balon udara.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar