KPU Kabupaten Subang Lakukan Penguatan Lembaga. Ini yang Dilakukan

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang melakukan silaturahim kepada instansi dan lembaga di Kabupaten  Subang. Menurut Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman kegiatan ini merupakan konsolidasi penguatan kelembagaan pasca pemilu dengan berbagai instansi dan lembaga di Kabupaten Subang. "Diantaranya kami mendatangi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Subang untuk mengkomunikasikan dibidang pendidikan politik masyarakat," ujarnya kepada Reporter Jabar, Jum'at (31/1/2020).
Adapun dinas dan lembaga yang dikunjungi ialah Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Subang dengan sasatan pada pemberadayaan perempuan. "Ternyata kami melihat banyak kegiatan di dinas ini (DP2KBP3A) yang ada hubungannya dengan KPU yang kaitannya pencerahan di bidang politik," jelasnya.
Lalu kata Suryaman mengunjungi ke Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) untuk menjajagi mengenai kearsipan hasil-hasil pemilu. "Apakah pengarsipan hasil-hasil pemilu sudah dilakukan atau belum. Ternyata kami melihat cenderung ke literasi politik," bebernya.
Kata Suryaman dengan membangun kearsipan daerah bisa memberikan partisipasi pengetahuan tentang politik kepada masyarakat. "Bisa menjadi bagian dari pembinaan mencerdaskan masyarakat," imbuhnya.
Kemudian menuju ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes). Di sini kata Suryaman menjajagi kemungkinan peran KPU dalam Pilkades serentak. "Apakah KPU bisa dilibatkan atau hanya penyuplai data sebagai data mentah yang bisa dimutakhirkan. "Kang dulu biasanya mendata tiap wilayah. Kan kalau di KPU mah ada data induknya bisa dimutakhirkan dengan dicoret atau ditambah," jelasnya lagi.
Lalu ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kabupaten Subang untuk menindaklanjuti tentang akses PPID ke KPU Subang. "harusnya 'kan sudah nge-klik, jadi kami mengingatkan dengan cara konsolidasi penguatan kelembagaan," pungkasnya.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar