Bupati Subang Mengapresiasi Optimalisasi Pajak Daerah

SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam upaya mengoptimalkan pendapatan daerah. Baik dari wajib pajak, petugas pajak daerah, para camat, kepala desa/lurah dan pihak lainnya. Karena pendapatan daerah sangat berperan dalam pembangunan di Kabupaten Subang. "Penerimaan pendapatan daerah termasuk PAD akan berajalan dengan baik jika didukung semua stakeholrder masyarakat swasta dan media massa mari kita bergandengan tangan samagat bahu mebahu sesuai target yang telah direncanakan agar pembangunan di Kabupaten Subang berjalan maksimal untuk menuju Subang Jawara," ujarnya saat memberikan sambutan pada Acara Gebyar Pajak Daerah di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang, Kamis (30/1/2020).
Khususnya kepada Bapenda Kabupaten Subang, Ruhimat memerintahkan supaya melakukan evaluasi capaian target di tahun 2019. "Ketidaktercapaian target tidak cukup permohonan maaf atau menyerah. Saya minta dievaluasi saya harapkan cari soslusi secara konprehensif dan terintegrasi," katanya.
Ruhimat meminta supaya melakukan pendataan potensi pajak secara cermat, akurat dan terukur. "Sehingga memiliki data basis yang menjadikan target bukan semata angan-angan," imbuhnya.
Lalu hal lain yang perlu dilakukan ialah dengan menyempurnakan regulkasi yang ada jika diperlukan. Kemudian melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan prpvinsi serta instansi vertikal lainnya dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah. Lalu berkoordinasi dengan stakeholder tingkat kecamatan. Bagi para Camat optimalisasi pendapatan daerah betul-betul menjadi tugas pokok untuk meningkatkan PBB khususnya. "bukan lagi sebagai tugas tambahan," tegasnya.
Sedangkan untuk fungsi pengawasan lembaga dikatakan Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Pemda Kabuaten Subang akan melakukan kajian-kajian secara serius mengumpulkan para camat dan kepala desa/lurah setiap bulan sekali untuk berkoordinasi pencapaian pajak "Kita akan kaji betul setiap bulan sekali kita akan rapat koordinasi dengan camat dan kades/(lurah)," katanya.
Pihaknya juga tengah merumuskan reward and punishment kepada desa-desa/kelurahan supaya bisa lebih optimal dalam meningkatkan target.
Untuk menggali potensi PAD lainnya seperti pajak hotel dan restoran berkoordiansi dengan stakeholder seperti PHRi.
Bekerja sama sengan stakeholder PHRI mengajak dan destinasi wisata. Akana memberikan reward dan punishmen seperti BKUD tidak turun sebelum. Capaian target tahun 2019 tercapai sebesar 90 persen. "PBB yang tidak terpenuhi Insya Allah tahun depan akan terpenuhi," pungkasnya.
Lalu Kepala bapenda Kabupaten Subang, Dadang Kurnianudin untuk memberikan pelayanan kepada wajib pajak telah dibangun Infrastruktur teknologi informasi dan berbagai regulasi. "Lebih dari 26 regulasi 2019 yang akan segera diimplementasikan pada 2020. Diantaraya Perda No. 8 tahun 2019," ujarnya
Kata Dadang berdasarkan Perda No. 8 tahun 2019 merupakan potensi penerimaan yang optimis tercapai. Dengan besaran target tahun 2020 pendapatan daerah sebesar Rp280 milyar dan PAD sebesar Rp544 milyar. "Bahkan kami yakin untuk pada masa akhir periode tahun 2023 bisa mencapai target PAD yaitu 1 trilun (rupiah)," pungkasnya.
Pada kesempatan tersebut diserahkan award atau penghargaan kepada Wajib Pajak dari berbagai sektor yang dinilai tepat waktu dan tepat jumlah, Desa yang mencapai target 100% dan pihak pendukung lainnya seperti notaris. Hadiah diserahkan langsung oleh Bupati Subang, H. Ruhimat dengan didampingi Wakil Bupati Subang, Agus Masykur, Komandan Kodim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono dan tamu undangan.
Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Perjanjian antara Pemda Kabupaten Subang dengan Bank BJB Subang dalam pelayanan Pembayaran Pajak Daerah dan dimulainya percetakan SPPT dengan ditandai pelepasan balon udara.
Dihadiri oleh Bupati, H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Kepala Badan Pendapatan Daerah, Dadang Kurnianudin.
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemda Kabupaten Subang dengan Bank BJB dalam pelayanan Pembayaran Pajak Daerah
Penyerahan Award kepaa Wajib Pajak Daerah.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar