Wartawan adalah Mitra Strategis Pemerintah

SUBANG - Pemerintah Kabupaten Subang sangat mengapresiasi uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Subang bersama PWI Jawa Barat. Karena menurut Wakil Bupati Subang, Agus Masykur wartawan memiliki kedudukan strategis dalam industri pers, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, dan menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.
Terlebih pada saat sakarang memasuki era Industri 4.0 seiring dengan meningkatnya literasi atau minat baca. "Masyarakat perlu mendapatkan informasi apa yang dilakukan oleh pemerintah dengan pemberitaan optimis," ujarnya dalam sambutan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Subang Angkatan XXXII Provinsi Jawa Barat, Senin (9/11/2019).
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 9 -10 Desember 2019 dan, di hari sebelumnya di tempat yang sama juga tanggal 8 Desember 2019 kemarin di laksanakan juga kegiatan Sosialisasi Pedoman Pedoman Media Ramah Anak.
Kegiatan UWK ini di ikuti sebanyak 30 orang yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UWK). Standar Kompetensi Wartawan, kompetensi wartawan adalah kemampuan wartawan untuk memahami, menguasai, dan menegakkan profesi jurnalistik atau kewartawanan serta kewenangan untuk menentukan (memutuskan) sesuatu di bidang kewartawanan. Kompetensi wartawan tersebut menyangkut kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan.
Standar kompetensi wartawan yaitu rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan/keahlian, dan sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas kewartawanan.
Adapun tujuan standar kompetensi wartawan diantaranya meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, dan menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.

Posting Komentar

0 Komentar