"Penampakan" Ornamén Natal Eropa Buatan Subang

SUBANG - Sejumlah pernak-pernik yang dipasang dalam pohon Natal di Eropa ternyata diantaranya adalah buatan Subang Jawa Barat. Hal ini terungkap ketika Reporter Jabar mengunjungi salah satu perajin ornamen di Kampung Nagrog Pagaden Subang, Jum'at (27/12/2019).

Sang perajin, Bapak Pardi atau yang biasa disapa Mang Sadel menunjukan ornamen yang diklaimnya merupakan pesanan salah satu eksportir di Jakarta. "Ini pesanan dari (eksportir) Jakarta. Nanti dari sana dikirim (ekspor) ke Kanada," ujarnya sambil menunjukan sejumlah bahan setengah jadi dan yang sudah di-finishing.

Kata dia Negara Eropa selain Kanada pernah juga mendapat order dari Belanda berupa tempat cincin berbentuk binatang atau cepuk tempat cincin tunangan.
"Kalau ini cepuk buat cincin tunangan pesanan dari Bandung. Kalau lihat bahan kayu sample-nya sepertinya dari luar negeri. Di Indonesia gak ada kayu seperti ini. Kayaknya buat ekspor juga," katanya.

Ditengah memenuhi pesanan untuk ekspor, Mang Sadel masih suka memenuhi order dalam negeri seperti mainan tradisional seperti gangsing aneka bentuk, yo-yo dari kayu dan memproduksi pensil kayu untuk suply ke hotel-hotel di seluruh Indonesia.

Pesanan atau order yang dikerjakan Mang Sadel mengutamakan bahan-bahan kayu asli Subang. Seperti kayu pornis dan kayu lamé. (satriya)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar