Kolam Renang Tertua di Indonesia di Sini?

SUBANG - Salah satu destinasi wisata di Wilayah Kabupaten Subang Jawa Barat ialah Kolam Renang Ciheuleut yang berlokasi di Kelurahan Pasirkareumbi. Menurut catatan sejarah kolam renang ini dibuat bersamaan terbentuknya Pamanukan en Tjiasem Landen (PnT Land) atau yang dikenal Perkebunan PnT.
Hingga saat ini kolam renang itu masih ada dan malah mendapatkan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pasar sebagaimana dikatakan oleh kepala UPTD Kepariwisataan dan Olahraga Disparpora, Irwan yang menyebutkan perluasan itu dengan adanya tiga lokasi kolam renang tambahan bersama sarana lain dengan mempertahankan dua kolam renang yang pertama kali dibuat. “Sampai sekarang masih kedua kolam renang tersebut dijaga keasliannya,” ujarnya sambil menunjuk 2 kolam renang.
Menurut Irwan sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki fungsi hiburan pihaknya berupaya menambah sarana lainnya seperti sarana out-bond, lokasi selfi, sepeda selfi. “Diharapkan destinasi ini tetap dijaga keasliannya minimal untuk dua kolam renang tersebut sedangkan masalah pengembangannya bisa disesuaikan dengan tuntutan pasar. Dengan mempertahankan keberadaan 2 kolam renang bisa memberikan gambaran khususnya sejarah Kabupaten Subang,” tuturnya.
Kemudian kata dia kolam renang Ciheuleut patut diduga kuat sebagai salah satu Benda Cagar Budaya (BCB) diantara BCB lainnya seperti Gedung Wisma Karya, lapangan tenis di belakang Wisma Karya dan Lapang Alun-Alun yang dahulu sebagai arena golf.
Sedangkan menurut Kepala UPTD Museum Kabupaten Subang, Khadar Hendarsyah dari data sejarah menyebutkan keberadaan kolam renang Ciheuleut berkaitan dengan terbentuknya PnT Land yang berdiri sejak tahun 1813.

Lalu kata Khadar pihak Pemda Kabupaten Subang tengah menelusuri data otentik benda-benda cagar budaya. "Kami telah memasukan sekitar 10 BCB untuk ditetapkan. namun sebelumnya kita akan menelusuri data otentik diantaranya akan menyusuri ke Negeri Belanda," jelasnya.

Karena lanjut dia sebelum diajukan harus teregistrasi dulu di tingkat nasional. "Untuk kemudian ditetapkan apakah itu oleh (Pemda) Kabupaten atau (Pemda) Provinsi," katanya lagi.

Cihampelas yang kini telah hilang dan berganti dengan bangunan milik pribadi kalau kolam renang Cihampelas itu dibangun sekitar tahun 1898 Masehi, bisa menunjukkan bahwa kolam renang Ciheuleut adalah lebih dahulu dan bisa dikatakan kolam renang tertua di Indonesia yang dibangun pada masa penjajahan memiliki nilai sejarah Jadi wajar apabila keasliannya tetap dijaga minimal di dua kolam renang yang hingga kini masih dipertahankan keberadaannya.

Pintu Masuk Lokasi Kolam Renang Ciheuleut Subang Jawa Barat

Diantara Penambahan Sarana Kolam
Sarana tambahan lain di lokasi Kolam Renang Ciheuleut Subang Jawa Barat


Dua Kolam Renang Ciheuleut yang Pertama Kali Dibangun

Posting Komentar

0 Komentar