Jejak Sejarah Pancasila di Subang yang Terlupakan

SUBANG – Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-91 tahun 2019, sekitar 50 perempuan bersama kaum pria yang tergabung dalam Aliran Kebatinan Perjalanan (AKP) Provinsi Jawa Barat melakukan napak tilas ke Kabuyutan Tugu Galudra Pancasila di Bulansari Kelurahan Pasirkareumbi Subang Jawa Barat, Minggu (22/12/2019).
Disela-sela kegiatan kepada Reporter Jabar Penasehat AKP, Adang Amung menyampaikan penjelasan singkat sejarah Kabuyutan Tugu Galudra Pancasila yang diklaim sebagai tempat pertama kali munculnya ilham Pancasila yang kini dijadikan Dasar Negara Indonesia.
Adang memulai dari tahun 1920 saat Soekarno berinteraksi dengan Mei Kartawinata atau Bapak Karta di Bandung dalam perjuangan Kemerdekaan RI. Hingga Bapak Karta melakukan perjalanan ke Cirebon, Sukamandi dan Subang yang kemudian pada 17 September 1927 melahirkan ilham nilai-nilai Pancasila dalam Perjuangan Kemerdekaan. "Makanya saya tidak kaget kalau Kabupaten Subang menjadi 'Benteng Pancasila'. Itu sadar (atau) tidak sadar itu adalah betul. Karena dimasaknya ajaran Pancasila itu di sini," ujarnya.
Lalu dia menyebutkan sekitar tahun 1969-an dibangun Tugu Pancasila di lokasi ini. "Tepatnya di sana di tiang tengah bangunan itu," ungkapnya sambil menunjuk salah satu tiang di bangunan utama. Tetapi sekitar tahun 1975-an tugu itu hancur hingga sekarang hanya menyisakan bekasnya.
Kegiatan Napak tilas diisi dengan melakukan pertemuan dan acara berkumpul bersama di lokasi. Bahkan ada beberapa tenda yang digunakan bermalam oleh keluarga peserta.
Adapun kegiatan Peringatan Hari Ibu diisi dengan Pertemuan antar anggota dan pengurus daerah dan pusat memusyawarahkan tentang penguatan ekonomi anggota perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Posting Komentar

0 Komentar