Camat Kabupaten Subang Ikuti Bintek Kolaborasi Leadership

SUBANG - Seluruh Camat se-Kabupaten Subang mengikuti Bimbingan Teknis Kolaborasi Leadership Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Tahun Anggaran 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Subang di Hotel Grant Subang dari tanggal 4-5 November 2019.
Bimbingan Teknis Kolaborasi Leadership dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Subang H. Aminudin. Senin (4/11/19).
Laporan Kepala  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Subang Hj. Nina Herlina, S.Sos., M.Si  menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Bimtek Kolaborasi Leadership Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang untuk memberikan dorongan agar para Camat dilingkungan Pemda Subang mampu meningkatkan kinerja selama memimpin serta dapat memelihara kemampuan sebagai ASN yang memiliki profesionalisme tinggi.
Narasumber / pengajar Bimtek berasal dari BPSDM Provinsi Jawa Barat dan Camat Suranenggala Kabupaten Cirebon.
Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Umum BPSDM Provinsi Jawa Barat Reni Ambarsari dalam sambutannya menjelaskan bahwa organisasi tata kelola yang baik pasti akan menyiapkan infrastruktur kolaborasi yang kuat dengan panduan kolaborasi yang jelas, sehingga semua pemimpin dapat membiasakan dirinya untuk saling berinteraksi tanpa terbebani oleh gengsi dan harga diri yang berlebihan atas kekuasaan dan jabatan yang dimiliki. Apabila seluruh pemimpin dan pegawai mampu berkolaborasi untuk tujuan memaksimalkan kinerja organisasi akan bergerak dengan sangat cepat menuju sasaran tertinggi.
Keunggulan organisasi yang menggunakan kolaborasi diantara pemimpinnya secara bersinergi dapat berpotensi meningkatkan energy organisasi untuk menghasilkan kinerja yang lebih tinggi. Kolaborasi akan mengakumulasi semua kekuatan tunggal menjadi kekuatan kolektif yang akan menjadi sumber keunggulan dan kekuatan organisasi yang luar biasa. Setiap pemimpin didalam organisasi  haruslah bersikap lentur dan mau berbagi kekuatan dan menghapus kelemahan agar dapat menciptakan kinerja bersama yang optimal.
Bimbingan teknis merupakan peluang bagi para Camat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga mampu meningkatkan kapasitas pengetahuan mengenai kolaborasi leadership yang pada era kekinian merupakan tuntutan utama dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.
Sekda Subang H. Aminudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemimpin harus menjadi pemimpin yang baik dari pemimpin lainnya atau the leadership of the winner. Seorang pemimpin harus bisa memenejemen sebuah perusahaan dengan memperhatikan berbagai kepentingan, adanya konflik regulasi dan system. Pemipin harus dituntut bahwa suatu tujuan harus tercapai namun tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Konflik biasa lahir karena ketidak puasan dan karekteristik  karyawan atau pimpinan sehingga menajadi konflik.
Suatu konflik jangan dibiarkan akan tetapi harus dianalisa dengan tajam dan seksama sehingga kalau sudah mendapatkan sebab terjadinya konplik maka kita harus meninjau aspek permaslahannya dan ambil benang permaslahan kemudian cari jalan keluarnya bersama sehingga solusi permasalahan akan terpecahkan dan tujuan akan tercapai. (Humas Setda)

Posting Komentar

0 Komentar