Begini Memaknai Kepahlawanan Secara Kekinian

SUBANG – Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. "Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita HOAX, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain," ujar Wakil Bupati Subang, Agus Masykur saat membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia dalam Upacara Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Subang, Minggu (10/11/2019).
Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. "Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father kita Bung Karno yang menyatakan bahwa: 'Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar'. Selain itu peringatan Hari Pahlawan Kita bangkitkan Semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini," katanya.
Kemudian disampaikan Hari Pahlawan dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. "Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi untuk memupuk nilai-nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati Sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat," tuturnya.
Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dan Komandan Upacara Kapten Infanteri Ernawan Dandramil 0504 /Sagalaherang Kodim 0605 Subang.
Tema dalam upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".
Sebelum pelaksanaan upcara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 tingkat Kabupaten Subang di alun-alun dilaksanakan upacara ziarah dimakam  pahlawan Cidongkol yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani.
Upacara dihadiri oleh  Ketua DPRD Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Staf Ahli, Para Asda, para veteran, Anggota DPRD Kabupaten Subang, unsur TNI/POLRI terdiri dari Anggota Kodim 0605, Anggota Yonif 312/KH, Anggota Lanud Suryadarma, Anggota Polres Subang, Anggota Wingdik Tekkal, Anggota Paskhas com B/BS dan unsur sipil yang terdiri dari ASN di lingkungan Pemerintah Daerah, Satpol PP, Dishub, Damkar, Linmas dan pelajar.
Pada kesempatan tersebut diserahkan piala penghargaan lomba story telling kepahlawanan tingkat SLTP/ sederajat dan SLTA/sederajat Kabupaten Subang tahun 2019 yang diberikan kepada para pemenang lomba.
Selain itu diserahkan uang kadeudeuh dari pemerintah Kabupaten Subang kepada 30 veteran Kabupaten Subang secara simbolis diberikan kepada 5 orang veteran.

Posting Komentar

0 Komentar