3 Fokus Mitigasi Banjir di Pantura

SUBANG – Untuk mencegah banjir di wilayah Pantai Utara (Pantura) Subang Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang melakukan koordinasi mitigasi penanganan banjir pantura, Minggu (30/11/2019).
Dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Subang sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Subang, Didin Mahpudin wilayah yang dilakukan pemetaan ialah wilayah Ciasem, Pamanukan Kota, Pusakanagara khsusnya daerah Patimban.
Kata dia pihak BPBD mengundang kecamatan yang ada di Pantura. "Kita mengundang kecamatan-kecamatan yang ada di Pantura (Subang), yaitu Kecamatan Ciasem, (Kecamatan) Sukasari, (Kecamatan) Blanakan, (Kecamatan) Legonkulon dan (Kecamatan) Pusakanagara. Bersama desa-desa terkait," tuturnya.
Lalu kata dia Bupati Subang menargetkan untuk 5 tahun kedepan harus sudah jelas peanggulangannya. "Target Pa Bupati (Subang) 5 tahun ke depan harus sudah clear," katanya.
Untuk itu dalam pelaksanaannya akan melibatkan pihak-pihak yang berkaitan. "Seperti pihak forkopimda, PJT, SKPD yang berkaitan diantaranya BP4D, Kepala desa terkait," imbuhnya.
Lalu diutarakan dalam upaya ini difokuskan pada 3 aspek, yaitu pemberdayaan masyarakat supaya mereka tertib. "Misalnya tidak buang sampah ke sungai. Ini perlu masyarakat dibiasakan hidup tertib," jelasnya.
Kemudian melakukan normalisasi sungai dengan alat berat sekaligus penertiban bangunan liar di bantaran sungai.
Selanjutnya melakukan aksi pembersihan sungai secara keseluruhan melibatkan dengan melibatkan seluruh masyarakat. (Satriya)

Posting Komentar

0 Komentar