Sejumlah Kendaraan Kena ODOL

SUBANG – Sejumlah kendaraan terjaring Operasi Over Dimension and Over Load (ODOL) yang dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Subang. Dikatakan Kepala Pengendali Operasi (Dalop), Didi Sunarto kendraaan yang terjaring 8 unit kendaraan kena tilang 8 unit wajib uji.
Tujuan operasi ini kata dia untuk meningkatkan kedisiplinan para awak kendaraan angkutan barang yang melintas. "Sehingga mereka mengoperasikan kendaraanya dengan membawa dokumen-dokumen seperti STNK, buku uji kendaraan dan SIM. Dan muatan yang diangkut harus sesuai batas maksimal dari jenis kendaraan sebagaimana tertera dalam dokumen," ujarnya, Jum'at (18/10/2019).
Operasi dilakukab di jalur jalan provinsi di wilayah Desa Cibogo Kecamatan Cibogo Subang dengan didampingi Satlantas Polres Subang, Kanit Dikyasa Kuswanto bersama 4 penguji kendaraan dan anggota bidang lalu-lintas Dishub Subang.
Selanjutnya menurut penguji kendaraan, Deni Taufik mellaui operasi ini untuk menekan angka kecelakaan akibat dari kelebihan muatan. "Kita disiplinkan para awak kendaraan sehingga keselamatan diperjalanan akan dioptimalkan dan menekan angka kecelakaan yang diawali dari pelanggaran yang dilakukan oleh penngemudi," jelasnya.
Lalu kata dia dasar hukum pelaksanaan oprerasi ini ialah UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-Lintas Angkutan Jalan dan PP nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan.

Posting Komentar

0 Komentar