Berdayakan Potensi Desa dengan Desa Digital

SUBANG - Bupati Subang, H. Ruhimat menyatakan manfaat digitalisasi dalam mendukung kemajuan daerah, oleh karena itu diharapkan dengan launching Desa Digital di 5 desa yaitu DesaCirangkong, Desa Bantarsari, Desa Cupunagara, Desa Cikadu dan Desa Cimenteng bisa berlanjut ke desa lainnya sampai 148 desa tercover internet dalam satu tahun setengah mendatang seluruh desa di Kabupaten Subang. "Dalam satu tahun setengah mendatang saya harap 148 desa bisa tercover (internet), ya," ujar Bupati Subang H. Ruhimat kepada wartawan usai malaunching secara resmi Desa Digital‎ di Permata Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan di Subang Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

‎Selanjutnya kata Bupati dukungan digitalisasi ini dapat mempercepat promosi potensi desa. Sehingga percepatan program pembangunan ekonomi berbasis desa dapat dilakukan.

Launching Desa Digital ini hasil insiasi LAK Galuh Pakuan bersama ‎Kementerian Desa, Badan Prakarsa Perberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) dan Badan Aksesibilitas‎ dan Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Pemda Kabupaten Subang.

Launching ditandai dengan MoU antara Pemda Kabupaten Subang dengan  BP2DK ‎dan pengenaan seragam Pandu Digital secara Simbolis kepada Bupati dan Sekda Kabupaten Subang.

Sementara itu dikatakan Direktur Utama BP2DK, Irman Meilandi menyebutkan dirinya optimis harapan bupati Subang ‎dapat terwujud selama pemerintah Kabupaten Subang mendukung penuh dalam program Desa Digital.

"Kita optimis selama Pemerintah (Daerah Kabupaten) Subang mendukungnya. Karena sekarang ditangani anak-anak muda yang gampang memahaminya. Kita tinggal arahkan. Teknisnya mereka bisa langsung tangani," tuturnya.

Dalam acara Launching Bupati melakukan dialog secara daring atau on-line dengan para kepala desa dan masyarakat. Dalam‎ dialog Bupati menyebutkan pihaknya telah menyiapkan suatu sistem daring untuk mengontrol kedisiplinan ASN.‎ (Ist/LAK Galuh Pakuan)
Share on Google Plus

1 Comments:

  1. Mohon untuk diperbaiki,
    Di acara ini tidak ada Kementerian Desa, kami bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi,,

    Terima Kasih
    (Tim Pandu Digital Desa - Subang)

    BalasHapus