Begini Usaha Pemkab Subang Sukseskan Inklusi Keuangan Jabar 2019

SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang berhasil  meraih penghargaan apresiasi atas kontribusi terhadap peningkatan inklusi keuangan di Jawa Barat tahun 2019 pada kegiatan Festival Inklusi Keuangan 2019 menuju Jabar Juara Lahir Batin di Cikapundung River Spot Kota Bandung, Sabtu (26/10/19).
Pada kesempatan tersebut Bupati Subang yang diwakili Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang, Hari Rubianto menerima penghargaan tersebut.
Kabupaten Subang meraih penghargaan tersebut dikarenakan salah satu implementasinya kegiatan di Desa Cibuluh bahwa program kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank BJB telah diterapkan diantaranya Laku Pandai BJB yang sudah berjalan, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), asuransi jiwa bagi perangkat desa, sosilaisasi edukasi perbankan terhadap masyarakat berjalan, akses perbankan baik, perkembangan Bumdes baik dan program lainnya sehingga Subang menjadi salah satu nominasi yang meraih penghargaan tersebut.
Inklusi Keuangan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif, adalah sebuah kondisi setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.
Di Indonesia kelompok masyarakat yang diprioritaskan untuk mendapat akses keuangan antara lain masyarakat yang berpenghasilan rendah (dalam hal ini MBR atau keluarga prasejahtera), pelaku UMKM, pekerjaan migran, wanita, distabilitas, anak terlantar, lansia, penduduk daerah tertinggal serta pelajar dan pemuda.
Sebagai salah satu bentuk konkrit dukungan terhadap literasi dan inklusi keuangan nasional Bank Bjb menjadi Partner OJK penyelenggaraan event Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2019, berupa kegiatan exhibition dari asosiasi: perbankan, pasar modal, IKNB, Fintech, rangkaian seminar, talkshow dan konser musik.
Dalam event tersebut diselenggarakan pameran produk-produk hasil UMKM binaan bank BJB dan expo dari para stakholder terkait, Penampilan Seni dan Budaya dari Komunitas Binaan Bank BJB, flasmob, talkshow, business matching dan penghargaan serta hiburan musik. (HMS)

Posting Komentar

0 Komentar