Begini Minat Desa Digital di Subang

SUBANG – Mengenai keberadaan internet cepat di pedesaan/kelurahan perlu dioptimalkan dalam menunjang dinamika sosial. Untuk itu pihak Kelurahan Pasirkareumbi merasa perlu untuk memanfaatkan keberadaan internet cepat tersebut. Secara langsung Lurah Pasirkareumbi, Dadi Iskandar, S.STP melakukan silaturahim kepada Kantor Prakarsa Galuh yang diterima langsung oleh Raja Adat Galuh Pakuan, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, Kamis (17/10/2019).
Dalam dialog tersebut mereka berdiskusi tentang tata cara pemanfaatan internet cepat untuk masyarakat dan pemanfaatan menunjang peningkatan taraf perekonomian masyarakat.

Menurut Evi untuk memanfaatkan jaringan internet cepat Desa/Kelurahan Digital masih menunggu Nota Kesepahaman (MoU) di Jakarta. "Insya Allah dalam satu atau dua minggu ini MoU sudah ditandatangani. Kita tunggu saja dulu," ujarnya menjelaskan.

Namun sebagai gambaran umum mengenai prosedur untuk menyediakan internet di Desa/Kelurahan Digital, dijelaskan Project Management Officer Prakarsa Galuh, Vini Widianti pengajuan bisa dilakukan melalui proposal yang menjelaskan proses kerja dalam penyediaan layanan internet. "Nanti bisa diajukan melalui proposal. Di dalamnya memuat apakah (pembangunan) infrastruktur (tower) menjadi tanggung jawab penyedia atau desa/kelurahan? Kemudian mengenai layanan internet kepada pelanggan masyarakat desa juga dijelaskan prosesnya," tutur Vini.

Kata Vini sebaiknya pengajuan layanan dilakukan menungguu hasil penandatanganan MoU di Jakarta. "Biar jelas sekaligus proses pembayaran biaya iuran tiap pengguna sekaligus untuk memberdayakan hasilnya supaya dikelola oleh desa atau kelurahan bersangkutan," jelasnya lagi.

Usai bersilaturahim Lurah Pasirkareumbi, Dadi Iskandar menyebutkan pihaknya sipa mengoptimalkan Program Desa/Kelurahan dengan keberadaan internet cepat. "Kita siap mengoptimalkan Desa Digital. Dengan datang ke Prakarsa Galuh kita ingin mendapatkan informasi prosesdurnya bagaimana," katanya.

Setelah mendengar penjelasan, Dadi menyebutkan pihaknya merasa siap menyambut untuk mengoptimalkannya dengan menjalin kerjasama dengan Prakarsa Galuh.

Dia juga menyampaikan ternyata banyak ide yang bisa dilaksanakan untuk mengoptimalkan potensi Subang.

Posting Komentar

0 Komentar