Kebakaran di Subang Landa 15 ha Hutan dan Lahan


SUBANG – Selama musim kemarau di Kabupaten Subang Jawa Barat mengalami kebakaran hutan dan lahan di tiga lokasi yang menghabiskan 15 hektar. Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, H. Hidayat sebagaimana dikatakan Kepala Seksi Kedaruratan, Darmono peristiwa terjadi di Kecamatan Cijambe di 3 titik. “Lokasi yang terbakar di Cidadap Desa Cikadu dengan luas 8 hektar, di Gunung Kalong Desa Cihurip luas (yang terbakar) 2 hektar dan di (Desa) Ciangsana seluas 5 hektar,” paparnya kepada ReporterJabar.com saat ditemui di kantornya, Senin (16/9/2019).
Peristiwa tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan pada 10 September lalu baik terjadi siang bahkan sampai malam. “Kita berupaya waktu itu memadamkan api sempat padam tetapi kemudian timbul lagi karena masih ada bara yang menyala,” tuturnya.
Mengenai kerugian akibat kebakaran masih dilakukan pendataan karena lahan yang terbakar milik perhutani dan milik warga. Sedangkan dugaan sementara penyebab dari kejadian tersebut ialah akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. “Daerah itu merupakan perlintasan warga. Mungkin ada yang buang rokok sembarangan dan akibat pembakaran sampah,” tuturnya.
Untuk mengantisipasi kejadian selanjutnya, kata dia telah dilakukan himbauan kepada warga masyarakat untuk tetap waspada. “Dengan tidak membakar sampah sembarangan atau membuka lahan supaya dilakukan tanpa membakar sebab situasi musim masih dalam musim kemarau dengan kondisi sering diiringi hembusan angin yang kuat,” katanya.

Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar