Begini Suasana Pelantikan 50 Anggota DPRD Kabupaten Subang

SUBANG - Sebanyak 50 Anggota DPRD Kabupaten Subang terpilih akhirnya dilantik dalam acara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Periode 2019-2024 yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Subang.

Pengucapan sumpah/janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Subang dengan disaksikan oleh Bupati Subang, H. Ruhimat, Wakil Bupati Subang, Agus Masykur dan pimpinan Dewan, Rabu (4/9/2019).

Usai pelantikan kemudian Sekretaris Dewan, Plt. Ujang Sutrisna membacakan pimpinan Dewan Sementara dengan Ketua Dewan, Narca Sukanda dan Wakil Ketua, Elita Budiarti. Penempatan ketua dan wakil ketua dewan sementara kata Ujang berdasarkan perwakilan partai politik yang memperoleh suara terbanyak, yaitu PDI Perjuangan dan Partai Golkar.

Dalam sambutannya Bupati Subang membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menyampaikan harapan supaya seluruh anggota DPRD masa jabatan 2019 – 2024 mampu mengemban amanat secara jujur , adil dan penuh integritas. "Saya berharap  agar para anggota DPRD baru tersebut dapat tulus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya," ujarnya.

Kemudian dikatakan paling tidak ada tiga hal yang dapat jadikan fokus pengabdian selaku anggota dewan yang terhormat.

Pertama melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legislasi DPRD. "Karena itu kita perlu memaksimalkan waktu untuk bertanya dan berdialog dengan rakyat baik melalui jaring aspirasi maupun saat reses saat ini proses komunikasi tersebut bisa kita lakukan tidak hanya melalui media  konvensional tatap muka tapi juga melalui pemanfaatan teknologi  informasi seperti media sosial maupun media massa," tuturnya.

Lalu yang kedua maksimalkan pelaksanaan fungsi budgeting atau penyusunan anggaran untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat. "Sudah bukan masanya lagi proses penyusunan dilaksanakan secara tertutup, tidak partisifatif dan pragmatif. Apalagi berperilaku koruptif," tegasnya.

Ketiga terkait dengan fungsi pengawasan anggota DPRD. Supaya dilaksanakan secara efektif dan obyektif. "Yang dijalankan dengan niat tulus dan sepenuh hati demi berlangsungnya proses kontrol yang seimbang terhadap pelaksanaan tugas eksekutif dalam menjalankan manajemen pemerintahan dan pembangunan daerah," katanya.

Untuk mengamankan proses kegiatan kata Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polres Subang, AKP Doni diturunkan sebanyak 450 personil gabungan TNI, Polri dan lintas instansi lainnya. Pengamanan meliputi pintu gerbang baik yang dari jalan raya maupun jalur pintu masuk dari Kantor Bupati Subang.

Dari pemantauan ReporterJabar.com yang diperkenankan masuk menuju lokasi pengucapan sumpah/janji hanya yang telah dibekali kartu identitas.
Kegiatan pengucapan sumpah/janji berjalan dengan khidmat.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar