Begini Suasana Kebakaran TPA Panembong

SUBANG – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Panembong terbakar yang cukup luas. Menurut kesaksian salah seorang petugas TPA, Bapak Sawin kebakaran diketahui sejak pukul 15.00 WIB atau pukul 3 sore. Kata dia diduga api berasal dari pembakaran sampah dari kebun tetangga TPA yang kemudian merembet lokasi TPA.
"Ada sekitar 2 hektar lahan TPA yang terbakar, Pak," ujarnya kepada penulis, Rabu (18/9/2019).
Upaya pemadaman dilaukan dengan melibatkan 5 unit mobil pemadam kebakaran dan puluhan belasan petugas.
Sejak awal kebakaran warga juga sudah berusaha memadamkan dengan alat seadanya. "Warga juga berusaha memadamkan dengan menggunakan (air yang dibawa) ember. Tetapi apinya cepat membesar sampai tidak terkendali," jelasnya.
Mengenai penyebabnya kata Bapak Sawin diduga akibat pembakaran dari kebun tetangga. "Kita nggak tahu apakah yang buang puntung (rokok) atau yang membakar sampah?" katanya lagi.
Dari luas lahan TPA sekitar 8 hektar yang terbakar sekitar 1 – 2 hektar. "Dari luas TPA yang kira-kira 8 hektar ini ada yang terbakar sekitar 1 atau 2 hektaran," tuturnya.
Ditengah upaya pemadaman sempat berhembus angin kuat yang membuat petugas berusaha menjauh karena api mendadak membesar dengan membawa hembusan membawa asap. Warga yang menonton diperintahkan untuk menjauh.
Masih kata Bapak Sawin kejadian kebakaran di TPA sudah 3 kali dan ini yang paling besar. Karena menghanguskan lahan yang cukup luas. "Bahkan sempat membakar pohon-pohon kebun tetangga tetapi sudah bisa dipadamkan," katanya.
Kemudian Sawin menuturkan kekhawatiran gangguan kebakaran ini ke areal pemukiman yang cukup lama. "Sebelumnya pun kalau setelah kebakaran menimbulkan gangguan sisa asap itu cukup lama sampai berbulan-bulan," tuturya lagi.
Hinga berita ini ditulis 5 unit kendaraan pemadam kebakaran disiagakan karena api masih menyala. Petugas baik dari petugas TPA, Polisi maupun yang terkait lainnya berjaga untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. (Satriya)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar