Wabup Pastikan Hewan Qurban Sehat dan Sesuai Syari'at

SUBANG – Untuk memastikan kelayakan hewan qurban yang dijual di Kabupaten Subang, wakil Bupati Subang Agus Masykur bersama Dinas Peternakan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat penjualan hewan qurban.
Dikatakan Agus dengan sidak pihaknya ingin memastikan hewan qurban yang dijual dalam keadaan sehat dan sesuai syari’at Islam. “Kemudian dari sisi usia juga sudah layak. ‘Kan masih banyak masyarakat yang belum tahu usia hewan yang layak untuk dikurbankan,” jelasnya yang didampingi Kepala Dinas Peternakan, Asep Nuroni kepada wartawan ditengah inspeksi mendadak dio Pasar Panjang, Sabtu (10/8/2019).
Intinya kata Wakil Bupati, pihaknya ingin memastikan hewan qurban yang dijual itu layak secara kesehatan dan sesuai dengan yang disyariatkan Islam.
Dari pantauan ReporterJabar.com, pemeriksaan kepada hewan kurbab dilakukan dengan melihat bagian-bagian anggota tubuh seperti gigi, kaki, mata dan lainnya. Bagi yang dinyatakan sehat  lalu diberikan tanda sehat berupa kalung.
Menurut Asep pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 8000-an hewan ternak di 10 pasar hewan yang berada di 7 kecamatan di Kabupaten Subang. “Hasilnya secara umum hewan qurban yang dijual dalam keadaan sehat,” katanya.
Diantaranya hanya 10 persen atau sebanyak 78 ekor hewan qurban yang diperiksa dalam keadaan tidak layak jual dengan kondisi sakit, kurus dan belum cukup umur. “Kepada penjual supaya hewan yang sakit supaya dipisahkan. Sedangkan yang kurus dan belum cukup umur supaya jangan dijual untuk qurban,” katanya.
Dalam Sidak ini Wabup bersama Kepala Dinas Peternakan mengunjungi 2 lokasi di Pasar Panjang dan di Lebaksiuh Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers