Tips Cegah Curanmor ala Polres Subang

SUBANG – Maraknya pencurian sepeda motor baik dengan pemberatan maupun yang disertai kekerasan perlu mendapatkan perhatian pemilik sepeda motor. Dikatakan Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni upaya kewaspadaan dari pemilik sepeda motor harus ditingkatkan. Kemudian menuturkan cara-cara sederhana yang disa dilakukan. "Pertama diberikan kunci ganda yang membuat pelaku pencurian tidak cukup waktu melakukan kejahatannya.
Kedua jika pagar rumah tidak dikunci selain dikunci ganda, kalau malam hari supaya kendaraannya dimasukan ke dalam rumah," tuturnya kepada awak media dengan didampingi Kasat Reskrim, AKP Ilyas Rustiandi.
Lalu ketiga tanamkan dalam diri bahwa pelaku kejahatan selalu mengintai. "Jangan kita berprasangka pelaku tidak mengintai kita. Suatu waktu (tindak kejahatan) pelaku akan menimpa kita. Mengingat maraknya kejahatan pencurian sepeda motor sudah menjadi virus yang menyebar. Karena (hasil kejahatannya) gampang untuk dijual," tuturnya lagi.
Mudahnya dijual hasil curian ini karena yang membutuhkannya juga banyak. "Terutama daerah-daerah yang jarang tersentuh oleh patroli polisi. Contoh daerah-daerah pelosok yang melewati hutan dan persawahan," imbuhnya.
Disamping itu juga yang perlu diperhatikan ialah kewaspadaan terhadap curanmor yang disertai oleh kekerasan. Seperti yang berhasil diungkap beberapa waktu lalu ternyata pelaku mengincar korbannya yang masih remaja atau yang mudah dilumpuhkan. "Seperti yang terjadi di Ranggawulung," katanya.
Hal ini diamini Kasat Reskrim Polres Subang, AKP Ilyas Rustiandi walaupun jumlah kejahatan 2018 menurun dibandingkan tahun 2017 dan periode awal 2018, kewaspadaan harus tetap dijaga. "Jangan sampai memberikan peluang kepada pelaku (curanmor) untuk beraksi," katanya.
Oleh karena Polres sering memasang baliho-baliho peringatan supaya waspada. Lalu dengan dilakukan kegiatan patroli "Tim Jawara" yang menyasar tempat-tempat pada waktu rawan kejahatan. "Alhamdulillah hasilnya bisa menekan curanmor secara signifikan tindak kejahatan khususnya curanmor," pungkasnya.
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar