Surat Bupati Subang tentang TWA Tangkuban Parahu Siap Ditindaklanjuti

SUBANG – Surat Bupati Subang, H. Ruhimat yang ditujukan kepada Presiden RI tentang evaluasi pengelolaan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu sudah disampai di Kantor Staf Kepresidenan, Jum'at (16/8/2019). Dikatakan Staf Presiden Bidang Komunikasi dan Politik Kantor Kepresidenan Ariyani Djalal menyebutkan surat Bupati Subang ini akan konsen agar dapat diselesaikan dengan baik, sehingga polemik tentang TWA Gunung Tangkuban Parahu antara PT GRPP sebagai pengelola dengan masyarakat Subang khususnya dan Jawa Barat/Sunda pada umumnya, bisa secepatnya selesai.
"Surat Pak Bupati Subang Ruhimat, pertanggal 16 Agustus 2019, dengan nomor surat Pm. 01/16/29/Pem. kepada Presiden RI, tentang permohonan mengevaluasi pengelolaan TWA Gunung Tangkuban Parahu oleh PT GRPP, sudah kami terima, dan kami siap dan konsen membantu agar cepat selesai," ujar Ariyani melalui pesan singkat yang diterima wartawan di Subang, Jum'at (16/8/2019).
Surat Bupati Subang tersebut berisikan permohonan evaluasi terhadap pengelolaan TWA Tangkuban Parahu oleh PT Graha Rani Putera Persada (GRPP) yang berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 306/KPTS II/2009.
Kata Ariyani KSP sudah memahami isi surat Bupati Subang, tetang evaluasi pengelolaan TWA Gunung Tangkuban Parahu oleh PT GRPP. "Kami segera meneruskan surat Pak Bupati Subang ini kepada Bapak Presiden Jokowi, teekait TWA Gunung Tangkuban Parahu ini," terangnya.
Ariyani menegaskan, penyelesaian TWA Gunung Tangkuban Parahu telah sesuai dengan mandat Undang-undang konservasi tetap berkelanjutan, sekaligus menyelesaikan polemiks antara PT GRPP dengan masyarakat Subang dan Jawa Barat (Sunda), terkait kaidah-kaidah, kearifan lokal dan budaya Sunda yang sudah dilanggar PT. GRPP. (Satriya/Ist)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers