Riung Mungpulung HUT Ke-74 RI Tingkat Kabupaten Subang


SUBANG – Bertempat  di Aula Pemda Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si Menghadiri Acara Riung Mumpulung Dalam Rangka Peringatan HUT Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 dengan tema "SDM Unggul Indonesia Maju". Kamis (15/08/2019)
Dalam laporannya Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Aminudin, M.Si selaku ketua PHBN menyampaikan bahwa tema peringatan hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia Yaitu SDM Unggul Indonesia maju". Rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 tingkat Kabupaten Subang diantaranya yaitu pengukuhan Paskibraka Kabupaten Subang,  rapat paripurna DPRD, pawai obor, apel kehormatan dan renungan Suci, penyerahan remisi pengurangan hukuman bagi narapidana di LP Subang,  upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 Kabupaten Subang dan upacara penurunan bendera, silaturahmi dan pembubaran pasukan pengibar bendera Kabupaten Subang, tasyakur bi nikmah kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019.
Sebagai ketua panitia peringatan hari besar nasional Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan petugas yang telah bekerja keras dari mulai tahap persiapan latihan hingga pelaksanaan kegiatan rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 tingkat Kabupaten Subang dapat berjalan dengan sukses.
Saya mengajak seluruh stakeholder Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan seluruh masyarakat Kabupaten Subang Untuk memanfaatkan momentum peringatan ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia ini  sebagai penyemangat untuk bergotong-royong mewujudkan cita-cita kita bersama yaitu Kabupaten Subang yang bersih, maju,  sejahtera dan berkarakter. Sinergitas dan komitmen semua pihak yaitu pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat Kabupaten Subang dalam mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan dan mendukung program-program yang telah ditetapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Subang menjadi kunci utama sehingga Kabupaten Subang menjadi Kabupaten Jawara (Jaya, istimewa dan sejahtera) bisa terwujud.
Sambutannya Bupati Subang H. Ruhimat menyampaikan  bahwa sebagai generasi penerus kita harus menyadari mengenai pentingnya jiwa dan semangat nasionalisme yang telah dicontohkan oleh para pejuang terdahulu dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Berkaitan dengan Semangat "Kemerdekaan", khususnya untuk konteks Kabupaten Subang, sebenarnya kita telah diberi amanah oleh para pendahulu kita sebagaimana digambarkan dalam "kesenian sisingaan". Kesenian sisingaan yang menjadi kesenian  asli Kabupaten Subang sejatinya memiliki nilai filosofi dan pesan yang tinggi sebagai gambaran cita-cita para pendahulu kita untuk membangun "generasi harapan".  Meskipun para leluhur kita terjajah dengan segala penderitaannya, mereka tetap kompak, sejalan seirama melakukan upaya perlawanan mengusir penjajah demi masa depan bangsa yang lebih baik,  bangsa yang bebas, bangsa yang merdeka,  lepas dari kungkungan kaum penjajah.
Semua itu merupakan bagian dari sejarah masa lalu dan sebagai generasi penerus kita berkewajiban untuk mewarisi jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan para pendahulu kita dengan "mengedepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja berkualitas.
Untuk itu kita harus berjuang dengan tanpa Kenal lelah dan tanpa mengenal batas waktu Sebagaimana telah dilakukan para pejuang kemerdekaan kita. Hal ini sejalan dengan semboyan Kabupaten Subang yaitu "Karya Utama Satya Nagara" yang berarti mengutamakan karya atau kerja untuk kepentingan bangsa dan negara berkaitan dengan semboyan tersebut saya mengajak kepada seluruh komponen Kabupaten Subang baik aparatur Pemerintah, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan, seniman - seniwati, petani, pedagang, nelayan, LSM,  para pemuda dan pelajar, kaum wanita, dan seluruh masyarakat Kabupaten Subang Mari kita wujudkan Kabupaten Subang yang bersih, maju, sejahtera dan berkarakter.
Diakhir sambutannya Bupati Subang menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran aparatur baik sipil, TNI, Polri serta seluruh elemen masyarakat atas kerja keras, loyalitas dan dedikasinya yang tinggi dalam melaksanakan mendukung dan menjaga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Subang selama ini.
Dalam acara ruing mungpulung tersbeut dilaksanakan pemberian piagam penghargaan kepada kelompok masyarakat, perorangan, tokoh masyarakat, pegawai, dan pegawai dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 Tahun 2019.
Acara dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Subang beserta istri, Wakil Bupati Subang beserta istri , unsur Forkopimda Kab. Subang,  Bapak H. Ating Rusnatim Plt.  Bupati periode 2018,  Sekretaris Daerah Kabupaten Subang beserta istri, Ketua TP. PKK Kabupaten Subang, para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Subang, para pimpinan DPRD Kabupaten Subang beserta anggota DPRD Kabupaten Subang, para Staf Ahli, Asisten Daerah dan para Kepala Bagian Lingkup Setda Kab. Subang, para Kepala Perangkat Daerah se-Kab Subang beserta jajarannya, para Camat se-Kab Subang, para pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal Kab Subang, para Pimpinan Perusahaan, para Ketua Parpol Kab. Subang para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta para tamu undangan. (HMS)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers