Presiden Jokowi Pesan Sapi Qurban dari Subang, Ini Spesifikasinya


(Ilustrasi: Sapi jenis SO/Istimewa)
SUBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memesan dua ekor sapi dari peternak di Cipeundeuy Subang Jawa Barat. Dikatakan Medik Veteran Balai Veteriner Subang, drh. Puttik Allamanda sapi yang dipesan Presiden Jokowi adalah jenis Sumba Ongole (SO) dengan berat badan pada saat pembelian masing-masing 800 kg dan 850 kg. "Sekarang dipelihara oleh Iqbal Siregar peternak sapi di daerah Sawangan Cipeundeuy," jelasnya kepada Reporter Jabar, Selasa (6/8/2019).
Kata drh. Putik sapi tersebut bagian dari 5 ekor sapi yang diperuntukkan Bantuan Presiden yang akan disembelih pada hari Qurban di daerah DKI Jakarta. "Ada di Istana (Presiden) Cipanas, Istana (Presiden) Jakarta. Kemudian lokasi lainnya masih menunggu arahan dari Gubernur DKI," katanya lagi.
Lalu drh. Puttik menyebutkan spesifikasi sapi yang diinginkan Presiden yang akan dipotong selain sesuai dengan ketentuan ajaran Islam, beliau menentukan jenis dan berat tertentu. "Presiden berpesan bahwa sapi yang dipesan beliau harus merupakan jenis sapi lokal dengan berat minimal 800 kg. Itu beratnya masuk, ya," imbuhnya.
Mengenai pemeliharaan kata dia dilakukan diantaranya pemeliharaan darah. Dari pemantauan berat badan sapi mulai sudah bertambah. "terakhir waktu pemeriksaan darah sudah terlihat berat badan (sapi) sudah bertambah," katanya. (Satriya)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers