FAROS Subang Sambut Tahun Baru Hijriyah dengan Tanamkan Cinta Rasulullah SAW

SUBANG – Maraknya kecintaan kepada Shalawat sangat diapresiasi oleh Forum Aksi Kerohanian Islam (Faros) Kabupaten Subang. "Alhamdulillah ternyata kecintaan kepada shalawat dikalangan Rohis-Rohis Subang diluar dugaan (besarnya)," ujar Pembina Faros Kabupaten Subang, Wawan Gunawan dalam sambutan Pembukaan Festival Marawis dan Hadroh antar Rohis SMA/SMK SE-Kabupaten Subang di GOR SMAN 1 Pamanukan Subang, Sabtu (31/8/2019).
Kemudian kata Wawan kecintaan kepada Rasulullah SAW perlu dijaga melalui berbagai cara. Salah satunya dengan menanamkan kecintaan kesenian yang memiliki muatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya diantaranya Marawis dan Hadroh. "Shalawat sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Melalui kegiatan ini ingin menumbuhkan kecintaan dan mengisi musik yang lebih bermanfaat ditengah maraknya musik-musik yang menjauhkan dari mengingat Allah," tuturnya.
Kegiatan Marawis dan Hadroh ini merupakan bagian kegiatan menyambut Tahun Baru Muharam 1441 H yang diikuti kelompok Marawis/Hadroh dari SMASMK  yang tergabung dalam Faros SMA/SMK Kabupaten Subang dengan memperebutkan Piala Bupati Subang.
Disampaikan Ketua Panitia, Miftahudin peserta merupakan grup dengan jumlah personil antara 9 – 15 orang baik putra maupun putri. Mengenai kriteria penilaian meliputi: vokal yang terdiri dari irama, harmonisasi dan penghayatan. Kemudian performance yang terdiri dari adab, penguasaan panggung dan busana. Lalu perkusi yang terdiri dari variasi berupa tingkat kesulitan, intonasi pukulan dan tempo.
Adapun waktu penampilan setiap grup diberikan kesempatan selama 15 menit dengan membawakan 2 buah lagu yang terdiri lagu wajib, yaitu "Sholallahu'ala Muhammad" dan lagu bebas. "Apabila melebihi waktu yang telah ditetapkan peserta akan mendapatkan mengurangan nilai," jelasnya.
Kemudian kata dia setiap peserta diperbolehkan membawa alat musiknya masing-masing. "Peserta juga boleh membawa pendukung atau supporter untuk memberikan semangat. Tetapi harus menjaga ketertiban selama festival berlangsung," jelasnya lagi.
Dari pemantauan ReporterJabar.com, para peserta nampak peserta berbusana muslim beraneka ragam. Berbagai alat musik dibawa oleh mereka untuk ditampilkan.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers