Sambut Hari Anak Kampanyekan Permainan Tradisional

SUBANG - Dalam rangka Hari Anak Nasional, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Subang menyelenggarakan kegiatan Gerakan Anak Subang Cinta Permainan Tradisional (Ganas Cipta) di Alun-Alun Subang dengan menampilkan aneka permainan anak dan taman bacaan.
Dikatakan Kepala Dinas DP2KBP3A melalui Kepala Seksi Kerjasama Perlindungan Anak, Suhendi, S.KP, kegiatan bekerja sama dengan Civil Society Development (CSD), Perpustakaan Keliling, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) Subang ini untuk mengaplikasikan 4 hak anak. "Yaitu hak hidup, tumbuh kembang,  perlindungan dan partisipasi. dalam permainan yang seperti ini (adalah bagian dari hak) partisipasi mereka berperan aktif dalam kegiatan bermasyarakat," jelasnya kepada ReporterJabar, Minggu (21/7/2019).
Kata Suhendi Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli berdasarkan Kepres Nomor 44 Tahun 1984.
Adapun permainan yang ditampilkan diantaranya permainan oray-orayan, congklak, galah asin dan enggrang. Ditampilkannya permainan tradisonal bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional yang sarat nilai kebaikan dalam tumbuh kembang anak. "Sedangkan kini permainan itu sudah mulai terkikis oleh gadget," katanya lagi.
Tagline kegiatan ini ialah: "Anak Subang Anak Jenius". Kegiatan berlangsung dengan berbagai keseruannya. Mereka bebas mengikutinya.
Share on Google Plus