Penampakan Bom Militer Standar Dunia Buatan NKRI

SUBANG - Setelah sekian lama berusaha, akhirnya Bom P-100L dan Bom P-250L mendapatkan Type Certificate dari Pusat Kelaikan (PUSLAIK) Kementerian Pertahanan RI. Penyerahan Type Certificate dilaksanakan di PUSLAIK BARANAHAN KEMHAN, Jl Merdeka Barat, No. 13-14, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019.
Proses yang dilalui oleh DAHANA begitu panjang dan kompleks hingga diterbitkannya Type Certificate.  Proses dimulai sejak membuat desain bersama PT Sari Bahari dan Dislitbang AU, uji statis, uji dinamis, kemudian penerbitan sertifikat kelaikan oleh Dislitbang AU.  Proses kemudian berlanjut dengan pengecekan casing, proses produksi, dokumen dan lainnya oleh PUSLAIK KEMHAN.
Bom pengembangan dari tipe P-100L ini diperuntukkan bagi pesawat tempur Sukhoi yang dimiliki oleh TNI AU. Bom ini menjadi pilihan karena spesifikasinya yang telah memenuhi standar pesawat NATO dan Rusia. Selain itu,  Bom P-100L dan Bom P-250L termasuk dalam jenis bom High Drags General Purpose (HDGP) yang memiliki kemampuan untuk meledak dan efek pecahannya dapat digunakan untuk menghancurkan bangunan dan fondasi bunker, juga dapat menghancurkan benda hidup di area yang luas.
Kelebihan lainnya, bom ini mudah dalam perawatan dan penyimpanan di gudang.  Penggunaan jenis bom ini terbilang efisien karena tidak menggunakan bahan peledak untuk melepaskan bom dari bomb rack (impulse cartridge). Dengan terbitnya Type Certificate, DAHANA diharapkan menjadi lebih mudah dalam pemasarannya karena mendapat kepercayaan dari konsumen.
"Dengan adanya sertifikat tersebut diharapkan user atau calon pembeli akan lebih percaya pada produk Dahana, terutama bom  P-100L dan  P-250L.  Dokumen ini dapat juuga sebagai dokumen penjamin untuk berjualan diluar negeri," ujar Yusep Nugraha R, GM Divisi Minyak dan Gas PT DAHANA (Persero).
Selain itu, rasa syukur turut disampaikan oleh perwakilan PT Sari Bahari yang mencetak casing dari kedua bom tersebut dan ikut terlibat pada setiap proses pengujian.
"Akhirnya, setelah proses sekian lama, kita mendapatkan Type Certificate ini," ungkap Putra Egam, General Manager PT Sari Bahari.
Turut hadir dalam penyerahan Type Certificate Bom P-100L dan Bomb P-250L, Kepala PUSLAIK BARANAHAN KEMHAN Laksamana Pertama (TNI) Teguh Sugiono, SE, MM., General Manager Divisi Migas  PT DAHANA (Persero) Yusep Nugraha, dan Putra Egam General Manager PT Sari Bahari. (DAHANA)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers