Patungan Beli Shabu dari “Lapas”, 3 Orang Terancam Jadi Penghuni Lapas


Foto: Barang bukti shabu-shabu yang diamankan polisi.
KOTA CIREBON – Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Cirebon berhasil mengamankan tiga orang pria berinisial S, DS yang merupakan warga Jagasatru, Kota Cirebon dan  AL, asal Talun, Kabupaten Cirebon. Ketiganya ditangkap karena kedapatan menyimpan satu paket shabu-shabu.
Menurut Kapolres Cirebon AKBP, Suhermanto sebagaimana disampaikan Kasat Narkoba, AKP Joni mengungkapkan penangkapan tiga pria tersebut berawal dari laporan masyarakat tentang sering terjadi transaksi narkoba oleh ketiga pelaku.
"(Kemudian) Anggota (Tim Opsnal) melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka S di salah satu rumah warga di Gang Damai RT 001/RW 001, Desa Ciperna, Kecamatan Talun, Kabuparen Cirebon, pada Jum'at (5/7) ," kata Joni di Cirebon, Rabu (24/7).
Saat digeledah petugas mendapati satu paket shabu-shabu yang disimpan tersangka S di dalam saku celana sebelah kanan.
Dari hasil  interogasi tersangka S mengaku membeli barang haram tersebut dari hasil patungan bersama dua rekannya yakni tersangka DS dan AL dan rencananya shabu-shabu tersebut akan dipakai bersama-sama.
"Mereka (bertiga) patungan untuk membeli shabu-shabu. Tersangka S patungan 200 ribu (rupiah), tersangka DS 50 ribu (rupiah) dan tersangka AL 100 ribu (rupiah)," ungkap Muhyidin.
Pengakuan S bahwa shabu-shabu itu dibeli dari salah seorang napi di Lapas Sustik, Gintung dengan cara uangnya ditransfer dan setelah uang ditransfer selanjutnya S akan dikirim peta tempat pengambilan shabu-shabu.
"Tersangka S ini diberi petunjuk oleh  sesorang yang masih di dalam lapas Sustik Gintung lewat handphone mengenai tempat untuk mengambil shabu-shabu itu," kata Muhyidin.
Polisi saat ini sedang menyelidiki  kurir dan pengedar barang haram tersebut guna memutus peredaran narkotika dan penyidik akan berkoordinasi dengan Lapas Sustik Gintung.
Sementara tiga tersangka bersama barang bukti satu paket Narkotika jenis shabu-shabu yang dibungkus plastik obat warna bening dan dimasukan dalam bungkus kopi kapal api berat brutto 0,73 gram, satu bungkus sedotan warna putih, satu pipet kaca dan handphone diamankan di Sat Narkoba Polres Cirebon guna pemeriksaan lebih lanjut.
Ketiga tersangka akan dijerat pasal 112 ayat (1) sub 127 ayat (1) UU RI Nomor  35 tahun 2009, tentang Narkotika. "Ancaman hukuman 5 tahun pidana penjara," kata Joni. (YC/Crb)
Share on Google Plus

0 Comments:

Posting Komentar