Optimalisasi Bayar Pajak dengan Berbagai Kemudahan


SUBANG – Untuk mengoptimalkan target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Subang, berbagai upaya dilakukan. Dikatakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang, Dadang Kurnianudin sebagaimana disampaikan Kepala Subid Penagihan PBB, Dadan Ginanjar dilakukan verifikasi subjek dan objek oleh petugas kolektor. "Verifikasi yang kami lakukan untuk memutakhirkan data objek pajak. Baik kondisi, status kepemilikan dan piutang objek pajak," jelasnya saat ditemui dii kantornya,  Rabu (10/7/2019).
Selanjutnya kata Dadan verifikasi tersebut dilakukan karena berkemungkinan adanya perubahan kepemilikan objek pajak atau yang belum tertagih. "Atau bahkan ada yang tertagih dua kali," imbuhnya.
Verifikasi dilakukan di 3 wilayah, yaitu di Kecamatan Cisalak meliputi 11 kecamatan, Di 3 Kecamatan Subang dan daerah lainnya. "Dengan data yang mutakhir kita berharap optimaslisasi perolehan PBB bisa tercapai," katanya.
Dadan menambahkan bahwa target perolehan PBB ialah sebesar 60 milyar rupiah dengan potensi sebesar 86 milyar rupiah.
"Untuk mengejar itu, 'kan kita perlu data yang mutakhir supaya hasilnya benar-benar optimal," imbuhnya lagi.
Mengenai optimalisasi perolehan pajak, pihaknya juga menggelar "Pekan Panutan Pajak" yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Subang selama seminggu harii kerja. Kegiatan itu bahkan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak termasuk Bupati dan Wakil Bupati Subang yang turut memanfaatkannya.
Untuk mempermudah pembayaran PBB bagi Wajib Pajak (WP), kata dia selain dapat dibayarkan di Bank BJB kini pembayaran bisa dilakukan di Alfamart ataupun secara online baik di Tokopedia ataupun Bukalapak. "Ini upaya serius kami mempermudah WP dalam pembayaran PBB. Jadi WP bisa menunaikan kewajibannya kapan pun dan di manapun," pungkasnya.
Share on Google Plus