Dishub Subang Kenalkan Ular Tangga Keselamatan Lalu-Lintas

SUBANG – Masih rendahnya kesadaran atas keselamatan berlalu-lintas di jalan raya mengundang keprihatinan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Subang. Terutama dengan tingginya angka kecelakaan di jalan raya. Untuk itu Dishub Kabupaten Subang berusaha melakukan sosialisasi keselamatan berlalu-lintas dengan cara-cara yang efektif. Cara yang digunakan ialah dengan cara yang bersifat rekreatif. "Salah satunya melalui permainan ular tangga yang bisa masih buruk dengagn ditunjukan angka kecelakaan yang masih tinggi kondisi ini membutuhkan percepatan pembaguna budaya keselamatan berlalu-lintas. Salah satunya dengan sosialisasi keselamatan berlalu-lintas di jalan raya.
Salah satunya menyemapaikan pesan keselamatan melalui permainan atau game sederhana yang akrab dengan masyarakat. "Seperti permainan ular tangga. Dimana aturannya sama. Hanya kami sisipkan pesan keselamatan," kata Ketua Tim Kampanye Keselamatan Lalu-Lintas Dishub Subang, Cece Rahman kepada ReporterJabar.com saat memperkenalkan permainan ular tangga di halaman Kantor Dishub Kabupaten Subang, Jum'at pagi (26/7/2019).
Permainan ini dilakukan langsung secara fisik sambil berolahraga. Pemain dengan menempati kotak permainan dengan melempar dadu. Dalam kotak-kotak tersebut ada pesan-pesan keselamatan atau peringatan bahaya dalam berlalu-lintas termasuk ada pertanyaan yang harus dijawab oleh pemain apabila menempati kotak tertentu.
"Jadi kami harapkan kita bersosialisasi tentang keselamatan lalu-lintas sekaligus berolahraga dalam suasana menyenangkan. Sehingga materi keselamatan berlalu-lintas di jalan raya bisa tersampaikan dengan cepat, tepat dan menyenangkan," tuturnya.
Kegiatan diikuti 20 orang pegawai dan pejabat di lingkungan Dishub Kabupaten Subang. Kata Cece permainan ini akan disosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan tertentu yang menghadirkan masyarakat. Seperti ulah tahun desa atau keramaian di Alun-Alun Subang. "Seperti nanti kami juga akan memperkenalkan disaat ulang tahun Desa Kasomalangkulon atau di Alun-Alun Subang pada saat akhir pekan atau liburan," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers