Bupati Subang Lepas 626 KKNM Unsub

SUBANG – Sebanyak 626 Mahasiswa Universitas Subang yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) dilepas Bupati Subang, H. Ruhimat, S.Pd, M.Si, di Halaman Kampus I Universitas Subang, Selasa (9/7/2019).
Laporan Ketua Panitia Pelaksana KKNM Unsub Dr. Silvi Sondari S.Psi., MM menyampaikan bahwa pelaksanaan kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Subang tahun akademik 2018-2019 merupakan kegiatan intrakurikuler yang secara operasional ditangani oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Melalui kegiatan KKNM, diharapkan mahasiswa mendapat pelajaran yang sangat berharga untuk mengasah keterampilan wawasan dan daya nalarnya terutama untuk mengatasi masalah yang dihadapi di masyarakat.
Pelaksanaan KKNM dilaksanakan dari tanggal 9 Juli sampai 10 Agustus 2019. Tema yang diangkat dalam KKN ini adalah "Program Inovasi Desa dan Pemberdayaan Bumdes Dalam Rangka Pembangunan Subang Jawara". Jumlah mahasiswa peserta yang mengikuti program KKNM ini berjumlah 626 peserta Dimana lokasi KKNM 2019 ini dilaksanakan di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Sagalaherang, Kecamatan serangpanjang, Kecamatan Ciater dan Kecamatan Cisalak, akan dibimbing oleh 21 orang dosen pembimbing lapangan.
Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sangat mendukung dan mengapresiasi atas peran serta Universitas Subang dalam pembangunan di Kabupaten Subang.
Bupati Subang berharap agar Universitas Subang dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat bersinergi dengan program pemberdayaan yang telah diluncurkan oleh Pemda Kabupaten Subang yaitu Kampung KB, Bumdes, Desa wisata dan UMKM Jawara.
" Saya berharap kehadiran saudara mampu menjembatani kebutuhan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masyarakat terutama di pedesaan sehingga masyarakat bisa lebih berdaya ilmu yang saudara-saudara miliki. Dengan adanya kegiatan KKN ini akan menghasilkan rekomendasi rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh Pemda Kabupaten Subang berdasarkan temuan yang didapat pada lokasi lokasi KKN khususnya yang berkaitan dengan bumdes dengan dilandasi sikap disiplin dan dedikasi yang tinggi".
Diakhir sambutannya Bupati Subang berpesan kepada mahasiswa "Saya minta melaksanakan KKN kalian bukan hanya sebatas mengikuti atau pun disiapkan yang menjadi kewajiban dari pihak universitas, saya ingin KKN ini dilaksanakan oleh kalian dengan sungguh-sungguh. Pertama saya inginkan kalian ke depan betul-betul mampu memiliki daya saing, yang kedua saya tidak mau masyarakat Subang hanya sebatas penonton lebih-lebih yang menyangkut industrialisasi Saya tidak mau kalian hanya jadi penonton".
Acara dihadiri Ketua Yayasan Kutawaringin, Rektor Universitas Subang, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Para Dekan,Para Dosen Pembimbing Lapangan serta Mahasiswa Peserta KKNM. (HMS)
Share on Google Plus