Aliran Bantuan Daerah Kekeringan di Subang


(Ilustrasi Kekeringan/Foto Wartakini.co)
SUBANG – Hingga saat ini sedikitnya dua desa di Kabupaten Subang Jawa Barat mengalami kekeringan. Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, H. Hidayat dua desa tersebut ialah Desa Kedawung dan Desa Salam Jaya Kecamatan Pabuaran. Kepada kedua desa tersebut telah disalurkan bantuan kedaruratan berupa pengiriman air bersih yang dipasok dari Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Cabang Pabuaran.
Selanjutnya dikatakan H. Hidayat daerah yang kekeringan di Desa Kedawung meliputi 6 RT, yaitu di RT. 17 sampai RT. 22 dan Desa Salam Jaya di Dusun Guhanaya meliputi 2 RT yaitu RT. 26 dan RT. 45 yang terdiri dari 150 kepala keluarga.
Pengiriman bantuan air bersih dilakukan sejak tanggal 26 Juni sampai hari ini dengan pasokan 2 sampai 3 tangki air setiap hari. Disamping pengiriman bantuan kedaruratan juga mendapatkan bantuan dari Polres Subang yang memberikan bantuan sosial berupa 3 unit jet pump," ujar Hidayat kepada ReporterJabar.com, Selasa (2/7/2019).
Kata Hidayat bantuan jet pump ternyata bisa membantu ketersediaan air bersih. "Untuk selanjutnya bantuan kedaruratan akan digeser ke daerah lain yang dilaporkan sumber air bersihnya telah mengalami  penyusutan," katanya lagi.
Kemudian kata Hidayat mengenai wilayah krisis air untuk pertanian pihaknya mendapat informasi terjadi di daerah tadah hujan, diantaranya Kecamatan Cipeundeuy, Pabuaran dan Kecamatan Purwadadi.
Untuk upaya mengatasinya akan dilaksanakan koordinasi dengan pihak terkait yaitu bersama Dinas Pertanian dan Perum Jasa Tirta (PJT) II Subang.
Share on Google Plus