Al Madina School Mendapatkan Kehormatan Vitasi Akreditasi

SUBANG – Kehadiran Tin Visitasi Akrditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) PUD dan PNF ke Al Madina School diapresiasi oleh Sekretaris Yayasan Insan Madani Mandiri Dangdeur selaku pengelola Al Madina School, Etin Sri Setiatin yang menyampaikan sebagai suatu kehormatan atas kunjungannya. Karena kata dia bisa memberikan masukan secara objektif pada sekolah yang dipimpinnya. "Ini bagi kami merupakan suatu kehormatan dari negara sebagai bentuk pembinaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui visitasi akreditasi ini kita jadi tahu apa kekurangan kita untuk selanjutnya melakukan perbaikan-perbaikan," katanya disela-sela visitiasi akreditasi, Rabu (24/7/2019).
Lalu dikatakan Ketua Tim Asesor BAN PUD dan PNF, Iis Salihat menyebutkan bahwa dalam penilaian yang dilakukan ialah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA), kurikulum, proses, pendidik, tenaga kependidikan, sarana, pengelolaan dan penilaian.
"Kami datang ke sini untuk melihat tempat TK dari 8 aspek pendidikan," ujarnya. Selanjutnya kata dia dalam penilaian sekarang tidak menilai tentang bagus tidaknya sekolah yang dikunjungi. "Kami hanya memotret dalam proses pengajaran dan kelengkapan dokumen (yang dimiliki)," imbuhnya. Dari kegiatan ini kata Iis diharapkan supaya pendidikan anak usia dini bisa menjadi baik.
Untuk wilayah Subang kata Iis ada 3 TK/PAUD yang dilakukan asesor. "Al Madina ini yang terakhir," katanya lagi.
Secara umum TK/PAUD di Subang sudah baik. "Diantara sekolah  (yang dinilai) ada yang kelebihan dan kekurangan. Pada dasarnya kami tidak menilai itu. Kami hanya memotret sekolah," katanya.
Visitasi akreditasi ini kata Iis sebelumnya sekolah dinilai dulu oleh BAN yang sebelumnya mendaftarkan dengan memasukan berbagai persyaratan melalui Sistem Pengajuan Akreditasi (Sispena) secara on-online. "Setelah itu dilihat apakah layak dilakukan akreditasi atau tidak? Kalau sudah lolos (layak untuk diakreditasi, baru kita melakukan visitasi akreditasi," jelasnya.
Dalam visitasi akreditasi, petugas yang berjumlah 2 orang ini melakukan pengamatan langsung yang dilakukan sekolah. Dari mulai masuk sekolah, pelaksanaan kurikulum sampai pengamatan kelengkapan sarana.
Pada kesempatan itu turut hadir Kasie Kurikulum PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Warim yang turut menyampaikan sumbang saran kepada pihak Al Madina supaya benar-benar memanfaatkan visitasi akreditasi. Terutama setelah kegiatan visitasi akreditasi dengan melibatkan anggota tim visitasi akreditasi sebagai keluarga. "Untuk berdiskusi secara non-formal mencari cara dalam meningkatkan kualitas sekolah," ujarnya.
Share on Google Plus