Bawaslu RI Putuskan KPU Kab Subang Tak Lakukan Penggelembungan Suara

SUBANG – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) akhirnya menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang tidak terbukti melakukan palanggaran. Sebagaimana dinyatakan dalam putusan Bawaslu nomor 07/LP/PL/ADM/RI00.00/V/2019.
Putusan Bawaslu tersebut menjawab pengaduan dari Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat XI, H. Untung yang menyatakan bahwa KPU Kabupaten Subang diduga melakukan penggelembungan suara kepada calon lain.
Kepada Reporter Jabar Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman  menyampaikan dalam pengaduannya KPU Kabupaten Subang dilaporkan Diduga telah melakukan penggelembungan suara dengan 4 cara.
Dengan pola menambah angka di depan, di belakang, pola penggeseran suara dari celeg tertentu ke caleg pemenang. "Dan ada yang tanpa pola dengan mengganti angka sendiri dengan angka lebih besar," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jum'at (14/6/2019).
Namun setelah diuji dalam persidangan ternyata tidak terbukti. Lalu dalam putusannya menyatakan bahwa KPU Kabupaten Subang tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi Pemilu.
"Untuk memberikan penilaian pada sidang tersebut ternyata yang dilakukan KPU Kabupaten Subang sudah sesuai UU dan PKPU tentang Rekapitulasi," jelasnya.
Langkah itu kata Suryaman telah dilakukan sampai membuka kotak dan melihat data plano serta dengan mengambil sample di Cibogo, Pagaden dan Tanjungsiang. "Semuanya terbantahkan. Semuanya tidak terbukti tidak ada penggelembungan suara," jelasnya lagi.
Share on Google Plus