Pengorbanan Petugas Pemilu 2019: "Dari Gugur sampai Keguguran"

Pemakaman Raskim (50 tahun) Petugas KPPS TPS 6 Binong Subang Jawa Barat (Foto: Polsek Binong)
SUBANG – Selama masa tahapan Pemilu 2019 sejak Januari sampai dengan 30 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang Jawa Barat mencatat 9 orang jajarannya meninggal dunia dari tingkatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman pihaknya juga mendata 11 orang mengalami sakit termasuk satu orang mengalami keguguran yang diduga akibat kelelahan selama melaksanakan kegiatan tahapan pemilu.
"Ada yang gugur (meninggal dalam tugas) dan keguguran. Yang keguguran itu (seorang petugas) KPPS di Ciater (Subang)," terangnya kepada Reporter Jabar ditengah kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara di Hotel Fave Subang, Rabu (1/5/2019).
Selanjutnya kata Suryaman, laporan singkat sudah disampaikan. "Selanjutnya kami tengah menyusun untuk melengkapi dokumen-dokumen pendukung lainnya untuk diajukan KPU Provinsi Jawa Barat," katanya lagi.
Sementara itu informasi yang diterima dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang mendata 2 orang jajarannya meninggal dunia diduga akibat kelelahan dan kecelakaan dalam melaksanakan tugas.

Share on Google Plus