Nonoman Subang Wakili Indonesia Ajang Lomba Debat Asia Pasifik

Subang - Rakeyan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, Bezie Galih Manggala yang merupakan keponakan dari Raja LAK Galuh Pakuan, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi berhasil dinobatkan mewakili Indonesia di Ajang Lomba Debat Se-Asia Pasific, yang akan di gelar pada awal Juni 2019 di Pulau Jeju Korea.
Bezie sebelumnya masuk dalam 3 besar juara Public Speaking Workshop and Competition JCI Indonesia 2019, yang diselenggarakan oleh Sutaatmadja English Course, pada Kamis (2/5/2019) lalu.
Evi mengungkapkan bahwa Bezie mengawali prestasinya lebih dari 10 tahun yang lalu. "Dia (Bezie) sudah mendirikan Spensa English Club, dan mulai melatih anak SMP dalam berbagai macam jenis perlombaan public speaking," jelasnya kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).
Padahal Bezie yang akrab disapa Kang Bezie ini waktu itu masih duduk di kelas X SMA. Pada saat itu Bezie bersama dengan sejumlah Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Subang sudah banyak mengantarkan beberapa pembicara tingkat SMP di Kabupaten Subang meraih juara dalam sejumlah perlombaan pidato, dan bercerita dalam Bahasa Inggris tingkat Provinsi Jawa Barat, dan turut mengharumkan nama Kabupaten Subang di Provinsi Jawa Barat.
Selama duduk di bangku SMA, Kang Bezie kata Evi, aktif mengikuti dan memenangkan berbagai perlombaan pidato berbahasa inggris, drama dalam berbahasa inggris, dan juga menjadi best speaker dalam berbagai sesi debat di tingkat Provinsi Jawa Barat.
"Selepas SMA Bezie juga tidak meninggalkan dunia lomba debat dan sempat mengabdikan diri menjadi pelatih debat di Almamaternya yakni SMA 1 Negeri Subang, begitu pun saat menimba ilmu di salah satu Universitas ternama di Prancis, sampai akhirnya lulus meraih S1 Hukum Internasional," ujar Evi kepada Wartawan di Subang, Selasa (7/5/2019).
Selain fokus menjadi pengusaha lanjut Evi, Kang Bezie juga aktif menjalankan beberapa organisasi dan kegiatan sosial dan menjabat sebagai Rakeyan atau Kepala Bidang Kepemudaan di LAK Galuh Pakuan. "Yang setidaknya banyak menyita dan menghabiskan sebagian besar aktivitas sehari-harinya mengajar kewirausahaan untuk berbagai elemen masyarakat, mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai kelevel Manager, Direktur dan pemilik Perusahaan-perusahaan besar, yamg tersebar di seluruh Indonesia," katanya.
Diusianya yang sudah hampir menginjak 30 tahun ini, Kang Bezie masih terus produktif mencetak prestasi, dan akhirnya terpilih mewakili Indonesia di ajang lomba debat se-Asia.
"Semoga saja dapat maju terus, hingga ke ajang dunia, kang Bezie, agar membawa harum Subang, Jawa Barat, Indonesia dan LAK Galuh Pakuan di dunia internasional," pungkas Evi.
Share on Google Plus