Muncul Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II, Ini Salah Satunya

MAJALENGKA - Nama Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, KH Maman Imanulhaq masuk dalam Daftar Konsultasi Publik Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid II. Selain nama Kang Maman, sapaan KH Maman Imanulhaq ada pula sejumlah nama Menteri Kabinet Kerja Jilid 1 dan juga Ketua Umum dan kader Partai Politik (Parpol).
Dalam Daftar Konsultasi Publik Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024, nama Kang Maman masuk dalam daftar calon Menteri Agama. Selain Kang Maman ada beberapa nama yang terdaftar sebagai calon Menteri Agama yaitu H. Nadirsyah Hosen, H. Abdul Mu'ti, KH. Ahmad Ishomudin, Komaruddin Hidayat.
Masuknya nama Kang Maman dalam Konsultasi Publik Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid II, mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Wakil Sekretaris PWNU Jawa Barat Adlan Daie mengungkapkan bahwa Kang Maman sangat pantas menjadi Menteri Agama dalam Kabinet Kerja Jilid II karena secara politik mewakili partai koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf, yakni PKB, partai yang berbasis ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu NU, ormas yang mewakiki arus besar umat Islam yg moderat. "Secara kompetensi dan pengalaman,Kang Maman hampir lima tahun menjabat sebagai anggota Komisi 8 DPR RI yang merupakan mitra kerja Kementerian Agama. Jelas, dari point ini, beliau paham betul tupoksi Kementerian Agama, baik tantangan internal dan eksternalnya. Karena itu, jika Kang Maman dipercaya sebagai Menteri Agama, tidak butuh waktu lama untuk konsolidasi di Kementerian Agama," tuturnya saat ditemui di Indramayu, Minggu (12/5).
Sebagai Ketua Lembaga Dakwah PBNU Pusat, sambung Adlan, jika Kang Maman dipercaya sebagai Menteri Agama, tentu akan mewarnai pola dakwah Islam di Indonesia melalui Kementerian Agama dengan pola dakwah NU yang moderat. "Bahkan bisa mengisiasi langkah-langkah konstruktif untuk melakukan gerakan deradikalisasi agama secara soft dan kultural," imbuhnya.
Sementara itu, Direktur Rumah Kerja Relawan Jokowi-Ma'ruf Jakarta yang juga, anggota Tim Kampanye Nasional Direktorat Relawan Bidang Organisasi dan wilayah, Mujib Hermani mengatakan bahwa Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Jokowi-Ma'ruf perlu diisi orang muda yang memiliki jaringan yang luas baik dalam negeri maupun luar negeri. "Kang Maman memiliki semua itu, track record aktivitasnya udah teruji sejak reformasi,selalu konsisten dengan kebhinekaan,berada garis depan membela Pancasila," ungkap Mujib.
Menurutnya, Kang Maman dikenal sangat dekat dengan kelompok minoritas dan memiliki visi kedepan sejalan dengan Nawacita Jokowi,Trisakti Soekarno dan juga dekat dengan kyai sepuh NU, ulama Muhamadiyah, Persatuan Islam (Persis) dan Al-Khairaat.
Sementara itu, nama lain yang masuk dalam daftar Menteri ialah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Perindo, Hari Tanoesoedibjo, Grace Natalie, Diaz Hendropriyono, Basuki Tjahja Purnama, Bambang DH.
Nama Luhut B Pandjaitan, Retno Marsudi, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Siti Nurbaya, Basuki Hadimuljono, Nila F Moeloek, Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, Rini Sumarno, Airlangga Hartarto, Ignatius Jonan, Archandra Tahar, Hanif Dhakiri.
Selain itu, nama putra Presiden RI ketiga B.J. Habibie, Ilham Habibie ada dalam daftar tersebut sebagai calon Menteri Perindustrian.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers