Lestarikan Kawasan Ranggawulung Dengan Tanam Buah-Buahan

SUBANG – Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Dirjen Tanaman Hortikultura Kementerian Pertanian menyalurkan bantuan Bibit Jeruk jenis Keprok varietas 55 dan bibit durian varietas matahari kepada masyarakat Adat Rukun Tani Galuh Pakuan, untuk ditanam di Cekdam Hutan Ranggawulung sebanyak 2.500 pohon. Bibit tersebut merupakan jenis bibit unggul yang diperuntukan ditanam di Cekdam Hutan Ranggawulung Subang.
Dikatakan Patih Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, Abah Renggo bantuan bibit buah-buahan sebagai penunjang Eko Wisata dan Edukasi Berbasis Adat dari Program Pertanian atau Galunggang Tani Galuh Pakuan yang diselaraskan dengan program Pemkab Subang yakni Jawara Tani.
"Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan bantuan dari Balitbu Dirjen Hortikultura Kementan, berupa bibit buah-buahan yaitu, bibit Jeruk dan Durian, untuk memperkuat program galunggang Galuh Pakuan dan program Jawara Tani, melalui Eko Wisata dan Edukasi berbasis Adat," ujar Renggo kepada Wartawan usai serah terima bibit kepada Ketua Masyarakat Adat Rukun Tani Galuh 7, Abah Jangkung di Subang, Jum'at (31/5/2019).
Renggo mengatakan, bantuan bibit buah-buahan ini merupakan pengiriman tahap awal. "Bibit buah-buahan yang kita terima dari Balitbu Dirjen Hortikultura Kementan itu secara bertahap," terangnya.
Sementara itu, Ketua Masyarakat Adat Rukun Tani Galuh 7, Abah Jangkung berterima kasih kepada Kementan dan Staf Kantor Kepresidenan (KSP) Ariani Djalal, yang telah membantu masyarakat. Dirinya berjanji akan memanfaatkan secara maksimal melalui program Galunggang Tani Galuh berupa program eko wisata dan program Jawara Tani Pemkab Subang.
"Atas nama masyarakat LAK Galuh Pakuan kami sampaikan terimakasih kepada Kementan dan KSP," kata Jangkung.
Jangkung menyebutkan, 2.500 pohon bibit yang diterima akan ditanam di sekitar  Cekdam Hutan Ranggawulung di atas lahan seluas 30 hektare. Dengan ditanam di Cekdam Hutan Ranggawulung ini kata Jangkung selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Adat Tani Galah 7. "Sekaligus memelihara keberadaan ekosistem hutan Ranggawulung tetap lestari sebagai hutan jantung kota Subang," katanya.
Di tempat terpisah Staf Kepresidenan Ariani Djalal menyatakan, pihaknya akan terus memfasilitasi semua bantuan untuk para petani, sesuai yang diharapkan Presiden Joko Widodo.
"Insya Allah kami akan terus berupaya memfasilitasi semua bantuan yang dibutuhkan dan diusulkan para petani, sesuai dengan harapan dan Program Pemerintah Pusat, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.
Share on Google Plus