KPU Kab Subang Bantah Rilis Perolehan Kursi DPRD, Tapi Jokowi Menang

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang menyebutkan bahwa pihaknya belum menetapkan perolehan kursi anggota legislatif atau partai politik dalam Pemilu 2019 lalu. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman berkaitan dengan telah beredarnya di media sosial tetang jumlah perolehan kursi partai politik pada Pemilu di Kabupaten Subang.
"Walaupun secara jumlah hampir sama seperti yang mereka rilis tetapi itu dipastikan bukan data resmi KPU. Dan KPU Kabupaten Subang belum merilis partai A dapat berapa kursi dan partai B berapa kursi," ujarnya menegaskan kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Subang, Senin (6/5/2019).
KPU Kabupaten Subang akan merilis perolehan kursi Legislatif tingkat Kabupaten Subang pada 22 Mei mendatang.
Lalu ketika ditanya mengenai sumber data yang beredar di media sosial, kata Suryaman bisa saja mereka mendapatkan informasi awal yang bersumber dari C1 atau pun DA1. "'Kan sebenarnya sebelum perhitungan (rekapitulasi suara) tingkat kabupaten para saksi sudah mendapatkan data perolehan suara dalam bentuk DA1 di tingkat PPK," jelasnya.
Selanjutnya Suryaman menyebutkan tentang perolehan suara Pasangan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 di Subang.
Adapun perolehannya untuk Pasangan 01 (Joko Widodo – Ma'ruf Amin) mendapatkan suara sebanyak 307.381 suara dan untuk pasangan calon 02 (Prabowo – Sandiaga Uno) memperoleh suara sebanyak 227.946 suara.
Kata Suryaman mengenai partisipasi tingkat partisipasi pemilih untuk Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Legislatif  kata Suryaman meningkat sebesar 83%. "Angka ini diluar dugaan (kami) mencapai di atas target kami 77%," pungkasnya.
Mengenai gugatan para caleg, kata Suryaman bisa dilakukan setelah 22 Mei 2019 atau setelah pengumuman perolehan kursi. Sedangkan pengajuannya harus melalui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik masing-masing. (Satriya)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers