Kinerja Penyelenggara Pemilu di Subang Diapresiasi Baik

SUBANG – Pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang diapresiasi tokoh agama. Sebagaimana disampaikan oleh Imam Masjid Agung Al-Mushabaqoh Subang, KH. Satibi yang menyebutkan pelaksanaan Pemilu dari pendataan pemilih, pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara berlangsung dengan jujur, bebas dan adil. "Mudah-mudahan kita semua mengakui segala (hasil) yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Subang," ujar Satibi, Selasa (7/5/2019)
Selanjutnya kata Satibi kesungguhan penyelengara Pemilu di Kabupaten Subang baik KPU maupun Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pada berbagai tingkatan desa sampai kabupaten dalam melaksanakan tugasnya dibuktikan sampai mereka ada yang sakit bahkan meninggal dunia. "Kami lihat mereka (KPU dan Bawaslu) sungguh-sungguh bekerja. Kesungguhan kerja mereka untuk memenuhi target waktu dengan serius. Bahkan diantara mereka ada sampai menderita sakit bahkan meninggal dunia,"  imbuhnya.
Lalu dia melihat penyelenggaraan pemilu pasca reformasi terlihat makin baik. "Tanpa menutup mata kita akui masih banyak kekurangan-kekurangannya," katanya.
Mengenai kekurangannya itu harus mendapat perhatian dengan dievaluasi dan perbaikan dimasa depan. "Mengenai kekurangan sistem pemilunya perlu dievaluasi untuk diperbaiki. Supaya bagaimana Pemilu dimasa depan berjalan dengan lebih baik lagi," katanya lagi.
Kemudian kata dia kepercayaan kepada penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu perlu dijaga. Karena menurutnya mereka telah bekerja dengan baik dan dilandasi dengan aturan yang ada. "Kalau tidak percaya (kepada penyelenggara Pemilu) harusnya sejak dari awal," tegasnya.
Tapi dia melihat kesungguhan itu telah ditunjukan dengan baik oleh para petugasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers