Keprihatinan Wabup Subang atas Kondisi HIV/AIDS

SUBANG – Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi menyatakan keprihatinannya bahwa hari ini Subang masuk peringkat ke-4 di Jawa Barat Pengidap HIV/AIDS. "Inilah yang perlu menjadi kepedulian kita untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat yang  belum memahami bagaimana pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS termasuk stigma yang berkelanjutan," ujarnya dalam dalam sambutan Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Subang di Grand Hotel, Rabu (08/05/2019).
Oleh sebab itu lanjut dia secara bertahap dan terencana perlu meningkatkan kemampuan menerjemahkan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangannya. "Agar terwujud 'Getting 3 (three) Zero' dan terwujudnya pola pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui kegiatan terpadu berbasis data," ujarnya lagi.
Pihaknya meyakini pada kemampuan personil KPA Kabupaten Subang dalam melakukan tugas-tugasnya dengan baik. "(Kami) berharap selalu berkoordinasi dengan KPA sebagai satuan administrasi pangkal dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Subang," imbuhnya.
Dijelaskan bahwa Rakor dilaksanakan  dalam rangka kebaikan untuk evaluasi KPA kabupaten/kota dengan tugas dan fungsi agar masyarakat sehat, adil dan sejahtera. "Walaupun kondisi sekarang ada penurunan namun kita jangan bangga tetap harus terus menekan tidak ada kasus baru kematian dan diskriminasi tugas, ini memang tidak mudah komunikasi dan kerja sama yang baik akan menimbulkan hasil yang maksimal yang maksudnya gerakan ini dilakukan dengan cara cara yang luar biasa," tuturnya. 
Dalam laporannya Ketua Pelaksana Pj. Sekda Kab. Subang H. Aminudin, M.Si menyampaikan tujuan rapat penyelenggaraan KPA adalah forum yang dibuat sebagai langkah pencegahan HIV/AIDS dan penanggulangan wabah yang terjadi di Kabupaten Subang. "Yang di dalamnya ada 40 orang untuk pendataan dan penanggulangan dengan langkah-langkah preventif untuk menekan angka AIDS dengan langkah-langkah sosialisasi dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Kecamatan dengan fenomena ini KPA akan terus melaksanakan langkah-langkah kongkrit untuk menekan perkembangan Aids di kabupaten Subang," bebernya.
Acara dihadiri Plt. Kabag Kesra Nana Mulyana, Selaku Wakil  Ketua III KPA Kab. Subang,  dr. H. Encep Sugiana selaku Sekretaris KPA Kab. Subang, Dandim 0605/yang mewakili, para Kepala Perangkat Daerah se-Kab. Subang, para Ketua Organisasi Profesi se-Kab.Subang/yang mewakili, para Direktur Rumah Sakit/yang mewakili, para Ketua LSM, Organisasi Wanita, Insan Pers, para Narasumber, serta seluruh peserta Rakor dan seluruh Pengurus KPA Kab. Subang.
Share on Google Plus