Viral Warga Pamanukan Ronda Tanggul yang Rembes


SUBANG - Saat ini viral di media sosial dan pesan singkat sejumlah  warga Dusun Istal Desa Mulyasari Pamanukan Subang Jawa Barat yang melakukan ronda untuk menjaga tanggul Istal yang sejak Selasa malam (9/4/2019) terpantau air dari Kali Cipunagara rembes. Dengan rembesnya air Kali Cipunagara dikawatirkan akan menjebol tanggul.
Dari informasi yang yang dihimpun Reporter Jabar rembesan air tersebut diakibatkan air Kali Cipunagara meninggi sejak siang hingga sore hari dan ditetapkan status Awas.
Menurut catatan pemantauan tertanggal 9 April 2019 ketinggian air mencapai 6 meter dengan debit 510,46 meter kubik per detik dan potensi masih naik.
Data TMA Kali Cipunagara Pamanukan.. :
Tgl..         : 9 April 2019
Jam..       : 11:00 WIB
TMA..      : 6.00 (mdpl)
Debit..     : 510.46M3/dtk.
Elevasi Dekzerk.. : +8.00 m
Status..   : Awas
Cuaca..   : Cerah
Potensi.. : masih naik
Dalam beberapa gambar yang diambil warga nampak air sudah mulai mengalir ke jalan raya lebih dari 500 meter dari titik rembes.
Dikatakan oleh warga Pamanukan, Desi menyebutkan bahwa selama bebebrapa hari terakhir cuaca di Pamanukan dirasakan kalau siang sangat panas. Bila malam suka turun hujan dengan intensitas cukup lebat. "Atau kalau tidak hujan suka terdengar suara sayup-sayup suara guntur. Nggak tahu di mana hujannya, mah," jelasnya. (Ist)
Share on Google Plus