Strategi Tingkatkan Partisipasi Pemilih oleh Parpol

SUBANG – Antusias masyarakat menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebenarnya sangat tinggi. Menurut salah seorang calon legislatif (caleg), Dede Warman hal ini terlihat ketika melakukan pengenalan caleg dan calon presiden (capres) kepada masyarakat. "Mereka cukup antusias ketika diperlihat sample atau contoh surat suara kepada mereka. Kelihatan kalau mereka itu punya minat yang tinggi mengenali calon-calonnya," ujarnya kepada Reporter Jabar saat ditemui ditengah kegiatan "Pemilu Run" di Lapangan Sukamelang Subang, Minggu (7/4/2019).
Terlebih kata dia sekarang menghadapi pemilu yang cukup rumit dengan banyaknya surat suara yang digunakan sampai 5 surat suara. "Kalau sebelumnya mendapatkan 4 surat suara. Nah sekarang 'kan 5 (surat suara) dengan Pemilihan Presiden (dan Wakil Presiden)," imbuhnya.
Lalu dia menjelaskan tentang strategi kampanye yang dilakukannya dengan cara memperkenalkan diri sebagai caleg sekaligus memberitahukan tentang cara memilih yang sah sambil memperlihatkan sample surat suara yang rata-rata cukup besar. "Saya kalau kampanye memperkenalkan diri (sebagai caleg). Suka diawali dengan memberikan tata cara memilih dengan memperlihat sample surat suara yang besar. Kita kasih tahu bahwa kalau untuk kertas suara caleg gak ada fotonya. Yang pake foto hanya DPD RI. Setelah itu baru kita kasih tahu nomor urut yang kita kampanyekan," beber Caleg dari PDI Perjuangan Dapil Subang 1 dengan nomor 1 ini.
Walaupun terkesan rumit, tetapi Dede optimis partisipasi masyarakat akan tinggi. Ketika ditanya mengenai KPU Kabupaten Subang yang menargetkan 70% partisipasi pemili, Dede merasa optimis akan terlampaui. "Saya optimis yang KPU targetkan 70% bisa tercapai," katanya.
Tetapi lanjut dia itu harus diiringi dengan keseriusan KPU juga dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat sampai ke tingkat PPS dan KPPS. "Kita juga berharap kepada para penyelenggara pemilu (melakukan sosialisasi) sampai tingkat PPS dan KPPS terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya kehadiran masyarakat dalam menunaikan hak pilihnya juga meningkat," pungkasnya. (Ist)
Share on Google Plus