Siapapun yang Kalah Pemilu 2019 Diprediksi akan Menggugat

SUBANG – Diprediksi siapa pun yang kalah pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan melakukan gugatan kepada Bawaslu. Dikatakan Komisioner Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang Hari Nazaruddin karena selama ini banyaknya HOAX yang menerpa KPU. Dari kabar 7 kontainer surat suara yang telah dicoblos capres tertentu. “Padahal waktu kabar itu muncul surat suara belumlah diproduksi. Jadi mana mungkin sudah ada surat suara,” ujarnya pada kegiatan Sosialisasi Pemilu di Kota Subang, Sabtu (13/4/2019).
Kemudian kabar beredar kabar tentang sistem IT KPU yang di-hack sehingga membuka kemungkinan terjadinya manipulasi penghitungan suara. Dijelasnya Hari mengenai penghitungan suara oleh KPU masih dilakukan secara manual. “Tidak mungkin terjadi manipulasi perhitungan perhitungan suara (pada Pemilu 2019) karena perhitungan suara masih dilakukan secara manual,” jelasnya lagi.
Oleh karena itu lanjut dia masyarakat Kabupaten Subang khususnya untuk selalu menyaring pesan atau informasi yang berkaitan tentang pemilu. “Supaya tidak terjebak kepada kabar bohong atau HOAX yang menyesatkan apalagi sampai meresahkan,” katanya.
Pada kegiatan sosialisasi  dihadiri kalangan komunitas otomotif, Ojek On-line dan PPS. Materi yang disampaikan ialah mengenai tata cara memilih yang sah dan ketentuan memilih bagi pemilih pada Pemilu 2019 di tanggal 17 April 2019 nanti.
Diantaranya tata cara pemilihan yang tepat pada calon atau partai politik. Sedangkan mengenai ketentuan memilih bagi pemilih ialah mengenai pemilih yang pindahan atau yang menggunakan formulir A5. Dijelaskan oleh Hari bagi yang menggunakan formulir A5 itu tergantung daerah pemilihan (Dapil). “Misalkan warga Subang yang memilih di Purwakarta. Itu sudah beda dapil provinsi maka pemilih hanya menerima 2 surat suara, yaitu Surat Suara Presiden (dan Wakil Presiden) dan (Surat Suara) DPD,” jelasnya.
Kemudian panitia menyediakan hadiah hiburan (door prize) yang dibagikan kepada para peserta yang hadir dengan cara undi berdasarkan nomor kupon.

Share on Google Plus